Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kualitas Media Siber, SMSI Jalin Kerjasama Dengan LPDS

Rabu, 19 Februari 2020 | 13:12 WIB Last Updated 2020-02-19T06:15:08Z
JAKARTA, Faktabandungraya.com,--- Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) menyatakan siap menjalin kerjasama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) guna meningkatkan kualitas karya jurnalis media siber. Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif LPDS Hendrayana di Sekretariat LPDS, Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (18/2-2020).

Menurut Hendrayana, LPDS adalah lembaga yang didirikan oleh Dewan Pers sejak tahun 1988, untuk itu LPDS seiring dengan perkembangan media online, terutama yang tergabung dalam wadah SMSI, tentunya perlu dilakukan pembinaan dan peningkatan kualitas karya jurnalis media online.

“Keanggotaan SMSI sudah tersebar di seluruh Indonesia, untuk LPDS siap mendukung dan menjalin kerjasama dengan SMSI dalam memberikan pendidikan dan pelatihan guna peningkatkan kualitas jurnalis media siber”, kata Hendrayana saat menerima Ketua Departemen Pendidikan dan Pelatihan SMSI Pusat M. Nasir.

Kerja sama LPDS- SMSI akan dilakukan khusus di bidang pendidikan dan pelatihan jurnalistik dalam platform media siber. Pelatihan yang diberikan berupa penyegaran kembali bagaimana menulis berita yang baik dengan kesadaran logika yang benar, menyiapkan konten berita yang menarik, serta meningkatkan kesadaran hukum pers dalam setiap melakukan kegiatan jurnalistik.

Kegiatan pelatihan dan pendidikan itu berbeda dengan uji kompetensi wartawan (UKW) yang mengukur profesionalitas wartawan. Bisa saja SMSI menyertakan anggotanya ikut dalam UKW yang diselenggarakan oleh LPDS. Namun perusahaan tempat wartawan yang akan ikut UKW harus berbadan hukum seperti yang ditetapkan dalam undang-undang pers no 40 tahun 1999, serta sudah terverifikasi Dewan Pers pula. “Ini persyaratan penting bagi yang ikut UKW,” kata Manajer Program LPDS Indria Prawitasari. (rls/red).
×
Berita Terbaru Update