80 Persen Pengidap COVID-19 Hanya Mengalami Gejala Ringan

JAKARTA, faktabandungraya.com,--- Juru bicara penanganan virus corona virus disease atau COVID-19, Achmad Yurianto, menyampaikan bahwa 80 persen pasien positif virus corona atau COVID-19 hanya mengalami gejala ringan. Bahkan, pasien positif virus corona juga ada yang tidak merasakan gejala sama sekali.

"Kasus dengan keluhan ringan atau tanpa keluhan ini hampir 80 persen dari kasus positif yang ada, secara statistik berada dalam keluhan gejala ringan atau ringan sampai sedang," ujar Yuri pada siaran langsung TVRI, Selasa (24/3/2020).

Oleh karena itu, untuk pasien positif yang mengalami gejala ringan sampai sedang sesungguhnya dengan isolasi diri di rumah sudah cukup. Dengan demikian, pasien tersebut tidak menjadi beban rumah sakit.

"Sebenarnya melakukan isolasi di rumah sudah cukup bagus dan cukup efektif. Sehingga, tidak semua kasus positif tidak menjadi beban rumah sakit," tuturnya.

Hal serupa juga dijelaskan seorang epidemiolog kesehatan masyarakat dar Harvard T.H. Chan School, Marc Lipsitch, Covid-19 diperkirakan dapat menginfeksi 40-70 persen dari populasi di seluruh dunia.

Menurutnya, banyak dari kasus positif Covid-19 yang hanya menunjukkan gejala ringan, bahkan banyak pula yang tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Kemungkinan terinfeksi Covid-19 dapat menakutkan. Untuk itu, ada baiknya kita mengetahui apa saja gejala Covid-19. Apakah sama dengan flu biasa?

Gejala yang harus diwaspadai menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS terkait Covid-19 adalah demam, batuk, dan sesak napas.

Gejala tersebut biasanya muncul antara dua hari sampai dua minggu setelah terpapar virus.

Selain itu, ahli Inggris belum lama ini juga menambahkan bahwa tak bisa mencium bau dan mengecap rasa sebagai gejala potensial yang dapat muncul sendiri tanpa adanya gejala lain.

Menurut sebuah laporan dalam Journal of American Medical Association, sebanyak 98 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami demam.

Sebanyak 76-82 persen mengalami batuk kering. Dan 11-14 persen melaporkan lemah dan lelah. (Cuy/dbs)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.