Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Pandemi Covid-19, Komisi II DPRD Jabar Minta OPD Fokus ke Pemulihan Ekonomi

Ir.H.Herry Darmawan, anggota Komisi II DPRD Jabar , (Foto:istimewah)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,---Pimpinan dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat minta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) selaku mitra kerja Komisi II, agar didalam mengajukan program kerja hendaknya diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi.

Anggota Komisi II DPRD Jabar, Ir. H.Herry Darmawan mengatakan, sejak merebaknya virus corona di Indonesia, khusus di  Jawa Barat, sektor perekonomian daerah dan masyarakat mengalami guncangan yang luar biasa. Untuk itu, dalam berbagai rapat Komisi II dengan mitra kerja, kita tekankan agar program kerja yang diusulkan ke DPRD Jabar, haruslah program yang ada kaitannya untuk pemulihan ekonomi.

Selama merebaknya Pandemi Covid-19, laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jawa Barat mengalami penurunan yang cukup signifikan.  Untuk itu, beberapa waktu lalu, dalam  rapat kerja dengan OPD, terkait pembahasan KUA-PPAS tahun 2021, Komisi II minta agar OPD mita Komisi II untuk benar-benar meyusun prioritas program kerja yang dapat meningkatkan perekonomian daerah dan/ atau masyarakat Jawa Barat.

Herry menambahkan, sudah seharusnya semua kebijakan yang bersifat strategis dan lintas sektor, hendaknya OPD masing-masing dapat menentukan skala prioritas dari program yang akan dijalankan dengnan melihat potensi yang bisa dicapai dari setiap program yang akan dijalankan.

“Kita di Komisi II  mengharapkan momentum masa pandemi covid ini digunakan untuk tetap menggerakan perekonomian di Jawa Barat. Hal ini penting, karena kalau sektor ekonomi tidak segera bangkit, maka kita akan mengalami resesi.

Salah satu sektor yg mengalami kontraksi cukup dalam selain restoran, ritel, hotel, pariwisata adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan. " katanya.

Hal tersebut seharusnya menjadi bagian dari strategi dan pembuatan program yang dapat dengan cepat memulihkan perekonomian di jawa Barat. Salah satunya dengan mendorong sektor yang memang pada saat pandemi covid tetap bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi, seperti ICT (Information and Communication Technology) , e-commerce, industri kesehatan, pengelolaan makanan, ritel, pertanian, dan energi. Sebagian besar sektor tersebut ada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, terutama ritel, e-commerce dan pengolahan makanan.

Untuk itu, ia berharap mitra komisi II lebih signifikan dalam menyalurkan anggaran dan lebih fokus menentukan prioritas. Sebab itu sangat berpengaruh terhadap perekonomian rakyat, tandasanya. (adikaraya/husein).

Posting Komentar

0 Komentar