Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Satgas Sektor 21 Sosialisasi Citarum Harum di Cicalengka

Program Sosialisasi Citarum (foto:istimewah)
CICALENGKA, faktabandungraya.com,--- Satgas Citarum Sektor 21 sosialisasikan program Citarum Harum kepada warga dan siswa SMA/SMK di wilayah Subsektor 21-16 Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.


Kegiatan sosialisasi yang digelar di Aula Kecamatan Cicalengka, pada Hari Selasa (24/11/2020), diikuti sekitar 100 peserta dari warga dan perwakilan siswa-siswi sekolah menengah (SMA PGRI, SMK Ma'arif, SMK Guna Dharma).

Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat melalui Pasi Sektor 21 Lettu Sukisworo menerangkan bahwa tujuan dari sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

"Kita masih menekankan hal yang sama, yakni meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Kita sebagai satgas citarum menjalankan program mengembalikan ekosistem DAS Citarum," ujar Lettu Sukisworo.

Dengan melibatkan siswa sekolah sekolah, Satgas mengharapkan siswa sebagai generasi muda bisa menjadi pelopor di lingkungannya. "Harapan kedepan adik-adik (siswa) ini bisa menularkan kepedulian lingkungan mulai dari keluarga, lingkungan rumah hingga lingkungan sekolah," harapnya.

Untuk wilayah Kecamatan Cicalengka, Satgas Sektor 21 menyebut bahwa wilayah ini memang tidak dilalui Sungai Citarum. Namun memiliki beberapa aliran sungai yang akhirnya bermuara ke sungai Citarum.

"Wilayah Cicalengka memang jauh dari (sungai) Citarum, namun aliran sungai yang ada disini sebagai penyangga aliran ke sungai citarum. Sehingga tetap kita jaga, karena bukan berarti tidak ada permasalahan. Terutama sampah, kita sudah berupaya dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah sampah tersebut," bebernya.

Untuk mensinergikan antara Satgas dan pemerintahan setempat, Lettu Sukisworo menyebut bahwa selama ini telah beberapa kali berkolaborasi dalam hal sosialisasi dan program di lapangan.

"Kita (satgas) tidak bisa bergerak atau bekerja sendiri. Semua instansi pemerintah kita rangkul untuk bersama-sama mensukseskan program citarum harum dalam mengembalikan ekosistem dan lingkungan DAS Citarum," harapnya.

Sementara, Cucu Hidayat selaku Sekcam Cicalengka mengucapkan rasa terimakasih kepada satgas karena telah memberikan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap kelestarian lingkungan.

Dijelaskan Cucu Hidayat, 12 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Cicalengka sebagian besar memang dilalui aliran sungai, yang merupakan anak dan cucu sungai citarum.

"Kita sudah koordinasikan dengan dinas terkait, tadi sudah dijelaskan oleh satgas bahwa untuk yang membuang sampah sembarangan sudah ada tindakan tegas dari kita, minimal kita upayakan warga untuk tingkatkan kesadaran lingkungan," tegasnya. (Cuy)

Posting Komentar

0 Komentar