Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi II DPRD Jabar Dukung Optimalisasi Gedung Creative Center – di Cirebon

Rabu, 24 Februari 2021 | 21:09 WIB Last Updated 2021-02-24T18:19:29Z

Ir.H.Herry Dermawan ( anggota Komisi II DPRD Jabar (foto;husein)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- DPRD Provinsi Jawa Barat melalui Komisi II mendukung gagasan pengoptimalan Gedung Creatif Center dilingkungan Gedung Negara di Kabupaten Cirebon.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Jabar Ir.H. Herry Dermawan, dukungan Komisi II DPRD Jabar untuk mengoptimalisasi Gedung Creative Center di lingkungan Gedung Negara, Kabupaten Cirebon, sudah dibahas dengan Organiasi perangkat daerah (OPD) mitra Komisi II.

Gedung Negera eks BKPP Cirebon yang terletak di Jalan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, kini Gedung Negara tersebut sudah ditetapkan sebagai bangunan heritage yang dijamin dengan undang-undang.

Untuk itu, walaupun Komisi II mendukung dan menyetujui penggunaan gedung Negara Cirebon dijadikan Gedung Creative Center, tetapi kita minta kepada Pemprov Jabar melalui BPKAD Jabar, agar dalam melakukan renovasi dan penataan bentuk dan perubahan juga alih fungsi harus seizin lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang.

Maka dalam pemanfaatan dan mengoptimilasi Gedung Negara menjadi Gedung Creatif Center kita dukung, asalkan tetap memperhatikan keberadaan sebagai heritage, kata politisi PAN Jabar ini.

Sebagai Gedung Creatif Center, tentunya akan ada beberapa karya seni budaya dan produk lokal, baik bersifat tradisonal maupun produk inovasi keratif karya anak muda yang memiliki daya saing. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan tumbuh subur berbagai karya, baik dari masyarakat Cirebon maupun luar sekita wilayah Cirebon.

 “Gedung Creative Center ini sebagai etalase masing-masing wilayah untuk menjual produk-produknya, tentunya hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Herry.

Ia menambahkkan, agar produk lokal Cirebon semakin menggeliat, baik itu produk makanan, minuman maupun peralatan rumah tangga dari bahan Rotan , Batik khas  semakin lebih dikenal, bukan hanya di Nusantara tetapi mendunia.

Jadi Gedung Creatif Center yang berada di lingkungan Gedung Negara tersebut sebagai etalase Jabar dapat ditampilkan. Selain itu, kita harapkan keberadaan Gedung Ceratif Center terbut, dapat menjadi destinasi wisata sejarah. Sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke wilyah Cirebon semakin meningkat dengan adanya Gedung Creatif Center.

Untuk membuat daya tarik wisatawan, maka kita minta pihak Dinas UMKM dan Dinas Perindag Jabar bekerjasama dengan pemerintah Cirebon, untuk mengisi dan memperomosikan produk-produk lokal Cirebon di Gedung Creatif Center tersebut, tandasnya. ( adikarya/husein).

×
Berita Terbaru Update