Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Menunggu Pengesahan DOB, Pembangunan Infrastruktur Garsel Dibenahi

Drs.H. Memo Hermawan, anggota Komisi IV DPRD Jabar daari FPDIP (foto;istimewa)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Garut Selatan (Garsel) tinggal menunggu dicabutnya moratorium pemekaran daerah oleh pemerintah pusat. Untuk itu, sembari menunggu pengesahan Undang-undang DOB Garsel oleh DPR RI,  maka DPRD Jabar mendorong pemerintah provinsi Jabar  melakukan pembenahan dan pembangunan diberbagai sektor infrastruktur.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Jabar Drs.H.Memo Hermawan, pembenahan dan pembangunan  infrastruktur di wilayah Garut Selatan merupakan kewajiban bagi pemerintah Kabupaten Garut maupun Provinsi dalam mempersiapkan wilayah Garsel untuk memisahkan diri dari kabuapten Garut (induk).

Sesuai dengan aturan, bahwa ada kewajiban bagi pemerintah daerah Garut, Provinsi Jabar dan Pusat untuk membantu DOB seperti halnya Garut Selatan dalam mempersiapkan diri sebagai kabupaten baru mandiri, kata Kang Memo---sapaan Memo Hermawan--- kepada faktabandungraya.com saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (17/5-2021).    

Dikatakan, untuk sektor infrastruktur ada beberapa bidang yang telah, sedang dan akan diperbaiki dan dibangun. Diantaranya, pembenahan infrastruktur jalan, pembangunan persiapan perkantoran pemerintahan Garsel, pembenahan dan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk.  

Sebagai bukti keseriusan DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar dalam mempersiapkan DOB Garsel, telah dianggarkan anggaran sebesar Rp.200 miliar dalam APBD jabar tahun 2020 lalu.

Anggaran tersebut untuk pembenahan dan pembangunan  jalan di wilayah Garut Selatan, diantaranya untuk jalan yang melintasi Kecamatan Pakenjeng, Bungbulang dan Caringin yang ditargetkan selesai pada tahun 2022 mendatang, ujar politisi senior PDIP asal Kabupaten Garut ini.  

Untuk pembenahan dan pembangunan RSUD Pameungpeuk –Garsel, setiap tahun anggaran DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar juga telah menganggarkan anggarannya. Hal ini dilakukan, agar keberadaan RSUD Pameungpeuk dapat lebih maksimal dalam memberikan pelanyanan kesehatan bagi warga Garut Selatan.

Selain itu, DPRD Jabar juga mendorong pemerintah provinsi Jabar, untuk membangun kantor pemerintahan DOB Garut Selatan sementara di kecamatan Pameungpeuk.  Karena nantinya pusat pemerintahan DOB Garsel akan dibangun di  Kecamatan Mekarmukti.

Untuk itu, wakil Buapti Garut periode 2004-2009 ini menghimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya pemerintah  dalam membangun daerah.

“ Kita berharap agar masyarakat mendukung pemerintah dalam pembangunan DOB Garsel, terutama dalam hal pembebasan lahan”, pinta Kang Memo. (adikarya/husein).   

Posting Komentar

0 Komentar