Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Random Sampling Libur Lebaran, Dinkes Kota Bandung Temukan 36 Kasus Positif Covid-19

Kamis, 20 Mei 2021 | 23:23 WIB Last Updated 2021-05-20T16:23:54Z

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani  Raksanagara (foto:humas). 
BANDUNG, Faktabandungraya.com,--- Pemerintah Kota Bandung melalui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Ahyani Raksanagara mengungkapkan ada temuan 36 kasus positif hasil random sampling menggunakan rapid antigen saat libur lebaran 2021 lalu.

Ahyani memaparkan, pengujian secara acak ini dilakukan di 14 lokasi. Yakni 8 titik posko cek poin serta 6 tempat wisata yang terjadi peningkatan pengunjung saat libur pascalebaran.

Dari sebanyak 36 kasus positif didapati di pintu Tol Mohammad Toha sebanyak 2 orang, Kebun Binatang Bandung (7 orang), Taman Lalulintas (23 orang). Sedangkan satu titik lain yaitu saat ada demonstrasi di Kota Bandung dengan temuan kasus 4 orang.

“Dari 890 tes, dapat 36 orang positif. Artinya itu berkeliaran para OTG (Orang Tanpa Gejala). Kita harus waspada. Random itu untuk menggambarkan situasi di masyarakat. Dengan begitu kita harus sangat disiplin melaksankan protokol kesehatan. Karena dengan random terbukti,” kata Ahyani dalam acara Bandung Menjawab di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung, Kamis (20/5- 2021).

Lebih lanjut Ahyani mengatakan, sebagian besar temuan kasus merupakan hasil dari pengujian acak di tempat wisata. Hal ini cukup logis, mengingat kondisi di lapangan terjadi potensi kerumunan lebih besar.

Dari temuan kasus positif tersebut tidak semuanya berasal dari Kota Bandung. Beberapa diantaranya merupakan warga Bandung Raya.

Sebagian besar temuan kasus adalah, warga luar kota yang didapatkan saat ‘random sampling’ di tempat wisata. Seperti diketahui, beberapa lokasi di wilayah Kota Bandung menjadi alternatif untuk masyarakat di sekitar Bandung Raya yang tidak mudik.

“Karena itu bukan orang Kota Bandung semua. Ada dari luar Kota Bandung itu dari Cimahi, KBB, dan Kabupaten Bandung,” tegasnya.

Dari temuan itu, Ahyani langsung menindaklanjutinya. Khusus warga dari luar Kota Bandung, tim ‘surveillance’ langsung berkoordinasi dengan petugas dari daerah asalnya.

“Kalau yang luar Kota Bandung, temen-temen surveillance langsung kontak memberikan datanya. Di situ pentingnya ada identitas KTP dan nomor telepon,” jelasnya.

Sedangkan bagi warga Kota Bandung yang ditemukan positif, langsung diurus oleh puskesmas sesuai alamat domisili. “Sedangkan yang Kota Bandung langsung ditindaklanjuti puskesmas. Baik itu tracing ataupun isolasi,” tandasnya. (aspu/sein).

×
Berita Terbaru Update