Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Bangkitkan Sektor Kepariwisataan, Pemkab Lingga Kembangkan Pusat Wisata Sejarah

Bupati Lingga Muhammad Nizar  buka Forum Komunikasi Bidang Pemasaran Meningkatkan Kesiapan Pariwisata Lingga di Era Next Normal. ( foto : dok istimewa)

LINGGA, Faktabandungraya.com,--- Pandemi telah memporakporandakan seluruh sektor kehidupan dan perekonomian, termasuk juga sektor pariwisata. Hal ini juga terjadi di Kabuapten Lingga.  

Sektor kepariwisataan di Kabupaten Lingga selama pandemi covid-19 dapat dikatakan hampir tenggelam, menurut Bupati Lingga,Muhammad Nizar, hal ini tidak boleh terjadi, untuk kita harus dorong agar sektor kepariwisataan di Kabupaten Lingga bangkit kembali seiring dengan program pemulihan perekonomian dalam menuju era next normal tahun 2022 mendatang. 

Pada tahun 2022 mendatang, pemerintah provinsi Kepri telah mencangkan  untuk pengembangan pusat wisata sejarah di Kabupaten Lingga, salah satunya pengembangan wisata Sejarah Masjid Jamik Sultan Lingga yang akan dilakukan secara bersamaan dengan pemerintah daerah.

Peluang dan kesemapatn baik ini, harus kita manfaatkan sebaik mungkin, untuk kemanjuan sektor kepariwisataan Kabuapten Lingga, kata Muhammad Nizar dalam acara Forum Komunikasi Bidang Pemasaran Meningkatkan Kesiapan Pariwisata Lingga di Era Next Normal.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau ini berlangsung di ruang Hotel Prima In, Dabosingkep, Selasa (23/08/2021) kemarin.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kepri, Dedy Eka Saputra, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kab Lingga, Abdul Kadir dan jajarannya serta sejumlah stakeholder. 

Dalam kesemapatn tersebut M Nizar juga berharap kepada stakeholder yang hadir dapat memanfaatkan peluang  dan berbagi informasi/ sharing beberapa hal, seperti ide pengembangan pariwisata dengan Dinas  Pariwisata provinsi Kepulauan Riau. 

Bupati Lingga juga berharap kepada jajaran Dinas Pariwisata  Kabupaten Lingga untuk dapat memaksinalkan bahkan memberdayakan apa yang telah dihasilkan dari Forum ini. Sebagai bentuk komitmen kemajuan promosi Kepariwisataan Kabupaten Lingga. 

Lebih lanjut M Nizar mengatakan, Pariwisata di Kabuapten Lingga ini cukup komplit, Jika dikelola dan dikemas dengan benar, bukan mustahil kelak Lingga menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan. Prospek sektor pariwisata sangat menjanjikan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, harapnya.

Semantara ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Dedy Eka Saputra, menyampaikan tujuan kegiatan hari ini adalah membicarakan bagaimana membangkitkan pariwisata di era next normal. 

Kabupaten Lingga, menjadi salah satu daerah yang terkena dampak secara global disektor pariwisata ini. Maka perlu adanya pembicaraan lanjut bagaimana meningkatkan sistem pemasaran. 

Dia sangat berharap dengan komitmen pimpinan daerah membangun pariwisata, kedepannya pariwisata di Kabupaten Lingga mengalami peningkatan. 

"Kawasan Lingga itu untuk wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam dan sebagainya. Jadi kita sangat berharap dan mudah-mudahan sektor pariwisata di Kabupaten Lingga kembali bangkit.  

"Bangkitnya Kepariwisataan tentunya dapat  membangkit ekonomi masyarakat," harap Dedy Eka Saputra. (boy/sein).