Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Komisi I Ingatkan Aparatur Desa: Mobil Maskara Untuk Kepentingan Masyarakat

Agam Gumay : Mobil Maskara multi fungsi, harus dipergunakan untuk kepentingan masyarakat (foto:istimewa)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota Komisi I DPRD Jabar, H.Mirza Agam Gumay, SmHk mengatakan keberadaan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dirancang khusus guna mendukung dan menunjang keperluan masyarakat desa serda dapat mendukung perekonomian masyarakat desa. 

Jadi, kebaradaan Mobil Maskara, harus benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Namun, mobil Maskara juga dapat dipergunakan atau dimanfaatkan untuk sosialisasi program pemerintah, pameran, vaksinasi dan lainnya. Sehingga harus benar-benar diperhatikan pihak desa masing-masing.

Demikian dikatakan Agam—sapaan—Mirza Agam Gumay saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Selasa (09/11/2021).

Mobil Maskara juga dapat dipergunakan untuk kepentingan pendidikan, kesehatan dan penunjang ekonomi warga. Maka, Komisi I DPRD Jabar mengingatkan kepada pemerintah desa untuk benar-benar dalam mengoperasionalkan dan merawatnya dengan sebaik mungkin, pinta Agam. 

Agam menambahkan, pemberian Mobil Maskara bagi desa perprestasi sejatinya harus berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat di desa-desa. Sebab, keberadaan mobil tersebut sangat dibutuhkan untuk keperluan masyarakat banyak.

Dikatakan, beberapa hari lalu, Komisi I DPRD Jabar mendatangi Desa Ciburial Kecamatan sukalaksana Kabupaten Garut, untuk mengetahui penggunaan mobil Maskara.

Dalam pertemuan dengan aparat Desa Ciburial tersebut, Komisi I minta agar pemerintah desa Ciburial benar-benar dapat memanfaatkan keberadaan mobil Maskara. Karena pemberian mobil Maskara diperuntukan untuk menunjang keperluan dan membantu perekonomian masyarakat desa, ujarnya.

Dalam mendukung percepatan vaksinasi, apakah mobil Maskara dapat dipergunakan ? terutama untuk menjangkau masyarakat yang tinggal di pelosok pedesaan yang sudah usia lanjut agar dapat di vaksin. 

Menurut Agam, dari raker dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar serta hasil kunjungan Komisi I kebeberapa desa terutama Desa yang telah menerima bantuan mobil Maskara, ternyata mobil Maskara memang dapat dipergunakan untuk mendukung kegiatan vaksinasi.

Anggota Komisi I DPRD jabar, Mirza Agam Gumay ( foto:istimewa)

 

Bahkan, beberapa desa yang sudah mendapatkan mobil Maskara, sangat mendukung dan siap memberikan pinjaman mobil Maskara untuk dipergunakan mobilisasi kegiatan vaksinasi bagi desa yang belum dapat mobil Maskara. 

Dengan menggunakan mobil Maskara, kegiatan vaksinasi dapat mencapai masyarakat yang tinggal di pedesaan dengan sasaran masyarakat lanjut usia (Lansia), ujar politisi Partai Gerindra Jabar ini. 

Lebih lanjut, Anggota Komisi I dari Dapil Jabar 4 Kabupaten Cianjur ini mengatakan, jumlah Desa di Jabar saat ini ada sebanyak 5.312 desa, namun jumlah Puskesmas baru mencapai 1.000 lebih. Atau 1 : 5 antara jumlah Puskesmas dengan desa. 

Sedangkan jumlah mobil Maskara yang sudah diserahkan ke desa berprestasi baru sebanyak 228 unit. Untuk itu pada tahun 2021 ditambah lagi sebanyak 139 unit Maskara yang diperuntukkan bagi Desa Mandiri di Jabar.

Pada tahun 2022 mendatang, DPRD Jabar akan kembali mendorong pengadaan mobil Maskara, karena memang keberadaan mobil Maskara memang sangat mendukung kepentingan masyarakat pedesaan, tandasnya. (adikarya/husein).