Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Heri : Dorong Sektor Perikanan dan Kelautan Guna Menopang Roda Perekonomian

Senin, 13 Desember 2021 | 16:50 WIB Last Updated 2021-12-13T09:50:37Z

Heri Ukasah Sulaeman SPd, MSi, MHum ( Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra (foto;istimewa)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Provinsi Jawa Barat memiliki  potensi  sangat besar dari sektor perikanan dan kelautan yang tersebar diberbagai wilayah seperti Karawang, Subang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Sukabumi. 

Potensi besar sektor kelautan dan perikanan Jabar hingga saat ini masih perlu ditingkatkan dalam tatakelolanya agar dapat lebih maksimal dan optimal, padahal potensi besar tersebut dapat menopang perekonomian, khusus perekonomian bagi para nelayan dan masyarakat yang tinggal dipesisir pantai Jabar.

Hal ini ditakatan Wakil Ketua Komisi II DPRD Jabar Heri Ukasah Sulaeman, SPd,MSi, MHum saat diminta komentarnya terkait poten perikanan dan kelautan Jabar, baru-baru ini. 

Kdikatakan, Hari Ukasah, baru beberapa tahun belakangan ini geliat sektor perikanan dan kelautan di Jabar mulai meningkat. Namun, dalam dua tahun ini dihantam badai pandemi covid-19, sehingga potensinya turun lagi.  

Kedepan kita berharap, agar pandemi cepat berakhir, sehingga sektor perikanan dan kelautan kembali menjadi harapan dalam menopang perekonomian masyarakat, khusus masyarakat nelayan dan masyakarat yang tinggal di akwasan pantai, harap politisi Partai Gerindra Jabar ini. 

Lebih lanjut Legislator Jabar dari Dapil Sumedang-Majalengka dan Subang ini mengatakan, seiring dengan melandainya kasus covid-19 dan perhatian dari pemerintah untuk sektor perekonomian, maka kini mulai tumbuh beberapa palaku UMKM yang bergerak mengelola hasil perikanan dan kelautan  menjadi makanan dan minuman olahan yang berasal  dari bahan baku perikanan dan rumput laut. 

Sementara itu, terkait adanya keluhan para nelayan terhadap pembangunan Patimban di kabupaten Subang yang berdampak terhadap hasil tangkapan, Heri mengtakan kehadirian pelabuhan patimban itu untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Jabar. 

Untuk itu, Heri mendukung agar pembangunan Patimban dapat segera selesai, sehingga tidak menggangu aktivitas usaha di sektor perikanan. Dan para nelayan dapat kembali meningkatkan tangkapan ikannya.

‘Selama pembangunan Patimban belum beres total,  tentunya pemerintan perlu dicarikan solusi terbaik agar para nelayan dapat meningkatkan tangkapan ikannya. Seperti memberikan fasilitas  sarana teknologi untuk penangkapan ikan.

Namun, bisa juga para nelayan diberikan dukungan untuk perluasan budidaya ikan air tawar dan dibantu dalam melakukan budidaya perikanan termasuk juga pemasaran hasil perikanannya. 

Heri juga mendukung di seputar kawasan Patimban dibanguan sebagai pusat perikanan dan kelautan  hasil olahan makanan-miniman dari haril perikanan dan kelautan. (adikarya/husein).



×
Berita Terbaru Update