Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SMKN 1 Mundu Jadi Anggota IMO, Boleh Mengadakan Diklat Kemaritiman

Jumat, 04 Februari 2022 | 20:29 WIB Last Updated 2022-02-06T13:46:31Z

Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kadisdik Jabar Dedi Supandi saat   meninjau ruang praktek siswa (RPS) SMKN 1 Mundu (foto:dok.disdik) 

 CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat Dedi Supandi mengatakan,   Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Mundu merupakan  satu-satunya sekolah di Jawa Barat (Jabar) yang telah tersertifikasi dan menjadi anggota International Maritime Organization (IMO).  


Sebagai anggota IMO,  SMKN I Mundu Cirebon dibolehkan dan memiliki kewenangan untuk melakukan pendidikan latihan (diklat) kemaritiman dan keselamatan di air.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi saat meninjau Kampus 2 SMKN 1 Mundu Kabupaten Cirebon bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Jumat (4/2/2022).

"Ini bisa dimanfaatkan untuk melatih kakak-kakak pembina Pramuka dalam pelatihan safety kegiatan di air," ujarnya.

Sebagai satu dari 35 SMK yang diproyeksikan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), lanjut Kadisdik, SMKN 1 Mundu memiliki peluang besar untuk melakukan pengolahan dan budi daya ikan nila serta udang vaname, termasuk menjual hasil pengolahan dan produksinya.

"Hasil dari BLUD tersebut bisa dimanfaarkan untuk pemeliharaan dan pemanfaatan ruang-ruang praktik yang ada di SMK," imbuhnya.

Kadisdik pun optimis, tahun ini, 35 sekolah tersebut telah menjadi BLUD.

Melek Literasi Keuangan

Kadisdik Jabar Dedi Supandi, saat peresmina  Ruang Praktek Siswa SMKN 1 Mundu Cirebon
(foto:dok.disdik).

Sebagai sekolah kemaritiman terbesar di Jabar, tak sedikit siswa lulusan SMK kemaritiman yang diterima sebagai tenaga kerja di luar negeri dengan upah cukup besar. Sehingga, urgensi literasi keuangan penting agar para lulusan SMK bisa lebih bijak mengelola keuangan.

"Karena, banyak lulusan SMK maritim yang bekerja ke luar (Jepang) dan negara lain, uangnya cepat habis. Di situlah dibutuhkan literasi keuangan untuk teman-teman SMK," ungkap Kadisdik.

Untuk itu, lanjutnya, akan dilakukan proses literasi keuangan bagi siswa SMK dengan menggandeng Bank BJB.

Mengenai literasi keuangan, Kepala SMKN 1 Mundu, Ikhwanudin pun mengamini hal tersebut. Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera menggelar literasi keuangan.

"Selain itu, kita juga akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk membuat skema bagaimana agar upah tak semuanya diturunkan langsung ke anak," katanya.

Sebab, alih-alih menggunakannya untuk hal sekunder, mereka bisa memanfaatkannya untuk ujian sertifikasi profesi, tandasnya. (hmsdisdik/sein).

×
Berita Terbaru Update