Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Agam Gumay : Perencanaan dan Realisasi Pekerjaan Ada di Pemerintah , Dewan Hanya Menyetujui atau Tidak Usulan Program

Selasa, 15 Maret 2022 | 21:49 WIB Last Updated 2022-03-16T15:20:25Z
Anggota DPRD Jabar H.Mirza Agam Gumay, SmHk saat melaksasankan reses II di Desa Galudra Kec. Cugenang Kab.Cianjur (foto :istimewa)


CIANJUR, Faktabandungraya.com,--  Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H. Mirza Agam Gumay, SmHk dari dari Fraksi Partai Gerindra melaksanaan kegiatan Reses II Tahun Sidang 2021 – 2022 bertempat di Aula Desa Galudra, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Senin (14/03/2022).


Sebelum menyerap dan menampung  aspirasi Warga Cugenang Cianjur, Mang H. Agam --sapaan-- H.Mirza Agam Gumay terlebih dahulu menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan reses  yang akan dilaksanakan.  Termasuk juga memaparkan tentang tupoksi sebagai anggota dewan. 


Kegiatan reses merupakan kewajiban bagi setiap anggota dewan untuk turun ketengah masyarakat untuk menyerap aspirasi dan menerima keluhan langsung dari masyarakat.  Namun, tidak semua aspirasi masyarakat dapat ditindaklanjuti ditingkat provinsi. 


“ Setiap aspirasi kita serap dan tampung, tapi tentunya tidak semua dapat ditindak lanjuti di tingkat provinsi, jadi nanti kita pilah-pilah mana yang harus ditindak lanjuti oleh Kabupaten Cianjur dan mana oleh Provinsi”, jelas anggota legislator Jabar dari Dapil Jabar IV (Kabupaten Cianjur) ini. 


Mang H. Agam memaklumi bahwa banyak masyarakat masih kurang paham akan tugas lembaga legislatif /dewan dan lembaga eksekutif /pemerintah.  


Dijelaskan, kalau program perencanaan dan realisasi  pengerjaan segalanya itu ada di birokrasi, dewan itu hanya menyetujui atau tidak menyetujui dalam proses pembahasan program. Kalau program disetujui kita anggarkan  dananya. 


Ia mencontohkan, pembangunan untuk infrastruktur jalan,  di Kabupaten Cianjur ini ada namanya Jalan Nasional kewenangannya di Pemerintah Pusat (Kementerian PUPR),  jalan Provinsi kewenangannya ada di Pemprov ( Dinas BMPR). Sedangkan jalan Kabupaten itu ada di Pemkab Cianjur, termasuk juga jalan perkampungan. 


Jadi Pemprov dan DPRD Jabar tidak bisa menganggarkan dan  membangunan/ memperbaiki langsung  jalan Kabupaten yang rusak, tetapi yang bisa kita lakukan yaitu memberikan bantuan keuangan  untuk pembangunan jalan kepada Pemkab Cianjur.  

 

Lebih lanjut, Mang H.Agam  mengatakan, ada beberapa infrasruktur jalan kabupaten yang biaya pembangunan/ pemeliharaannya dibantu dari bantuan keuangan provinsi.  Jalan tersebut, merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota dewan saat menggelar kegiatan reses. 


Untuk itu, Mang H. Agam berpesan dan berharap kepada masyarakat , apa bila menerima aspirasi mohon dijaga dan dipelihara terutama infrastruktur. 


Terus terang saya banyak menemui jalan-jalan yang rusak karena sering tergenang air dan ada pula jalan yang dibangun tapi tidak memiliki got karena anggaran terbatas. Oleh karena itu harus ada swadaya masyarakat, minimal mau mengeluarkan tenaganya bila jalan tergenang air, mau menyalurkan air yang menggenangi jalanan, harapnya.


Dalam sesi tanya jawab, cukup banyak warga Cugenang menyampaikan beragam aspirasi kepada Mang H. Agam untuk disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jabar untuk ditindak lanjuti. 


Menanggapi semua aspirasi  Warga Cugenang,  Mang H. Agam  mengatakan, semua aspirasi warga Cugenang diserap dan ditampung. Nanti akan kita bahas lebih lanjut di DPRD Jabar, dan hasil reses akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Jabar kepada Pemerintah provinsi / Gubernur Jabar untuk dapat diprogramkan dan direalisasikan, ujarnya. 


Sementara itu,  Kepala Desa Galudra Asep Saepudin , atas nama Kepala desa dan Warga Desa Galudra mengucapkan banyak terimakasih  kepada H.Mirza Agam Gumay atas aspirasi yang diberikan kepada Desa Galudra ditahun 2022. 


Di tahun2022 ini, Desa Galudra mendapatkan bantuan  berupa Hotmix dan TPT, yang insyaAllah realisasinya dibulan Mei 2022, dan mudah-mudahan hasil reses sekarang turun aspirasinya bisa lebih banyak lagi untuk ditahun 2023 nanti, harapnya. (AdiP/husein). 

×
Berita Terbaru Update