Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dinilai Kurang Diperhatikan, Syamsul Minta Pemprov Memberikan Perhatian Sektor Pertanian

Minggu, 20 Maret 2022 | 22:19 WIB Last Updated 2022-03-20T15:23:08Z

Anggota DPRD Jabar H.Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIP (foto:ist).

 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Sudah dua tahun Indonesia dihantam pandemi covid-19,  seluruh sektor kehidupan mengalami dampak yang sangat luar biasa, terutama sector perekonomian,  termasuk juga sector pertanian. Namun, sector pertanian masih tetap dapat tumbuh dan berkembang.

Untuk itu,  Komisi II DPRD Jabar yang membidangan perkonomian minta kepada Gubernur Jabar melalui Dinas Pertanian,  pemprov  Jabar memberikan perhatian sector pertanian karena sector kita melihat masih kurang diperhatian oleh Pemprov Jabar.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, sector  Pertanian merupakan janji Gubernur Jabar yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat  Tahun 2018-2023.

Dikatakan  Syamsul, dalam rapat  kerja dengan Dinas Pertanian Jabar saat  membahas program kerja tahun 2022 lalu dan baru-baru ini dalam rapat Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)tahun 2023 . Kita dari Komisi II minta agar sector pertanian harus manjadi perhatian oleh Pemprov Jabar.

Permintaan Komisi II sector pertanian ini karena sektor pertanian ternyata tetap dapat tumbuh dan berkembang di tengah pendemi covid-19.

Provinsi Jabar memiliki potensi besar di bidang perekonomian, terutama di sektor pertanian dalam mendukung produsen kebutuhan ketahanan pangan, baik untuk masyarakat Jabar sendiri maupun Nasional. Namun dari sisi dukungan atau alokasi anggaran sangat kecil.

Padahal selama terjadi pandemi covid-19 telah menyebabkan resesi, hampir seluruh sektor kehidupan terdampak dari covid-19, hanya sektor Pertanian yang mampu bertahan dan tetap tumbuh berkembang , bahkan cukup signifikan, ujar Politi PDIP dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu).

Kedepan  Syamsul berharap,  Jawa Barat menjadi produsen pangan Nasional, mengingat Jawa Barat mempunyai kultur sektor pertanian yang berlimpah hal tersebut bisa menjadikan modal dasar untuk perkembangan pertanian Jawa Barat di level Nasional.

Berdarkan visi Gubernur Jabar yaitu  “Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi” yang telah dituangkan dalam sembilan program unggulan provinsi Jabar 2018-2023, diantaranya : Meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi; Menggerakan Gerakan membangun desa.

DPRD Jabar melalui Komisi II  mendukung untuk mewujudkan  visi-misi Gubernur Jabar termasuk juga mendukung  mewujudkan Jabar Produsen pangan Nasional, sehingga para petani di Jabar bisa lebih sejahtera. ”tandasnya. (adip/husein).

×
Berita Terbaru Update