Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Komisi III DPRD Jabar Support BUMD Tingkatkan Kinerja Untuk Menambah Pedapatan Daerah

Selasa, 22 Maret 2022 | 15:39 WIB Last Updated 2022-03-22T08:43:40Z
Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar H.Sugianto Nangolah, SH, MHum  dari Fraksi Demokrat (foto:ist)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Wakil Ketua Komisi III H. Sugianto Nanolah, SH, MHum mengapresiasi  bagi BUMD yang sudah memberikan deviden bagi pendapatan daerah, tentunya Komisi III DPRD Jabar akan memberikan apresiasi/ Reword.

Komisi III juga akan support lagi agar BUMD tersebut dapat lebih meningkatkan kinerja dan meningkatkan penghasilan untuk lebih besar lagi dalam memberikan deviden.

Kita juga tidak ingin agar pendapatan BUMD itu jadi staknan, karena pembangunan di Jabar ini membutuhkan anggaran. Mana mungkin kita dapat mensehajterakan masyarakat Jabar yang sudah mencapai 50 juta jiwa ini dengan pendapatan seperti saat ini.  Maka kita dorong seluruh BUMD dapat menggali potensi besar yang ada di Jabar ini.  Untuk itu, kita dorong BUMD mampu menggali potesi yang ada.

BUMD menjadi ujung tombak pembangunan di Jabar ?.. Saya rasa sangat bisa, salah satu contohnya yaitu BUMD PT.Bank bjb yang setiap tahun mampu meningkatkan pendapatan dan memberikan deviden yang cukup besar bagi pendapatan daerah.

Bahkan, ada beberapa BUMD juga yang telah memberikan deviden seperti Jasa Sarana, Jaswita. Mita Sulu, PDAP, TGR.

Lebih lanjut Sugianto mengatakan, BUMD itu bukan hanya mencarikan deviden tetapi juga mendorong perputaran perekonomian Jabar berjalan. Untuk itu, BUMD itu harus mempunyai daya ungkit. Contohnya, BUMD TGR yang saat ini tengah menyediakan SPAM untuk kebutuhan air bersih bagi warga Cirebon, Indramayu, Majalengkan, Sumedang. Jangan sampai, masyarakat kesulitan dan kekurangan air bersih untuk minum dan masak terutama saat musim kemarau.

Untuk kita dukung BUMD TGR untuk terus berkembang, bahkan saat ini BUMD TGR bekerjasama dengan pemerintah pusat dalam  pengadaan SPAM Air bersih.  Bahkan dalam APBD Jabar, DPRD Jabar menyetujui anggaran penyertaan modal untuk BUMD TGR sebesar Rp 70 miliar untuk  bekerjasama dengan pemerintah pusat, yang nilai proyeknya mencapai 1,5 triliun dari APBN.

Setelah semua SPAM berjalan, nanti yang mengelola adalah BUMD TGR bekerjasama dengan perusahaan daerah masing-masing (Kabupaten/kota). Untuk itu, kedepan kita borong agar perusahaan daerah yang mengelola air bersih ini, dapat terwujud (adip/husein).


×
Berita Terbaru Update