Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Banggar DPRD Jabar : Meningkatkan PAD Jabar Jangan Hanya Bergantung Pada Pajak, Potensi Lain Harus Digali Juga

Senin, 18 Juli 2022 | 20:30 WIB Last Updated 2022-07-19T17:33:20Z
Anggota Badan Anggaran DPRD Jabar H. Sugianto Nangolah, SH, MH dari Fraksi Demokra (foto:ist).



BANDUNG BARAT, Faktabandungraya.com,--  Sektor pajak kendaraan bermotor hingga saat ini masih menjadi andalan bagi  seluruh Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Jawa Barat sebagai penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD).  Padahal, dalam meningkatkan  PAD jangan hanya bergantung pada pajak, masih ada potensi lain yang dapat digali.


Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jawa Barat H. Sugianto Nangolah, SH, MH mengatakan, seluruh P3D se Jabar, hingga saat ini dapat mencapai pendapatan daerah masih mengandalkan pajak kendaraan bermotor.  Bahkan 90 PAD Jabar dihasilkan dari Pajak kendaraan.

Untuk itu, DPRD Jabar berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak hanya bergantung kepada pajak dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sumber-sumber potensial PAD dari sektor lainnya harus terus digali.

"Ketika PAD yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor menurun seharusnya asetlah bisa menjadi tumpuan utama", kata Sugianto Nangolah saat dihubungi usai  Badan Anggaran DPRD Jabar melakukan kunker ke P3D Kabupaten Bandung Barat, Senin (18/7/2022).

Dikatakan Banggar DPRD Jabar  mendorong pihak Bapenda  Jabar  beserta jajaran  P3D yang tersebar di seluruh Kabupate/kota  untuk terus berinovasi  dalam mendukung target pendapatan dan meningkatkannya. 

Dalam meningkatkan PAD, kata politisi Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Jabar , kita dorong agar P3D se Jabar untuk melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang memilki  keterkaitan dengan program dan kebijakan dari P3D.  Termasuk juga melakukan kerjasama dalam pengelolaan asset daerah.

Selain itu, kita juga mendorong, agar pihak P3D se Jabar  melakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM), hal ini penting dalam mencapai perolehan pendapatan daerah juga harus ditunjang oleh SDM yang mempuni.

Lebih lanjut, anggota legislative Jabar dari Dapil Jabar 1 (Kota Bandung-kota Cimahi) mengatakan, kunker ke P3D Kab.Bandung Barat , selain membahas P2ABD Jabar 2021, juga untuk mengetahui kondisi dan program yang dicanangkan oleh pihak P3DW Bandung Barat dalam mencapaian target pendapatan daerah pada tahun 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Banggar DPRD Jabar cukup banyak memberikan masukan kepada pihak P3D Wilayah Kab Bandung Barat  agar dapat menciptakan peluang dengan potensi wilayah yang dimiliki Kabupaten Bandung Barat  dalam  pencapaian target-terget pendapatan daerah yang telah dicanangkan, tandasnya. (adip/husein).

×
Berita Terbaru Update