Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Gedung DPRD Jabar Kebakaran, 11 Unit Armada Damkar Kota Bandung Diturunkan

Minggu, 21 Agustus 2022 | 19:48 WIB Last Updated 2022-08-21T12:48:52Z
Petugas dan mobil Damkar masih terpakir di halaman gedung DPRD Jabar usai berhasil memadamkan kobaran apiyang melanda lantai III gedung sebelah timus DPRD Jabar ( foto:detikjabar).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar-PB) Kota Bandung menurunkan sebanyak 11 Unit armada pemadam kebakaran  untuk mengatasi kebakaran Gedung DPRD Jabar di Jalan Diponegoro No 27 Bandung.

Kebakaran Gedung sebelah timur DPRD Jabar terjadi pada Minggu, 21 Agustus 2022, sekitar pukul 8.40 WIB diketahui oleh petugas Security yang sedang melakukan patrol keliling.  Saat di lantai III  melihat ada kepulan asap dari ruangan Arsip.

Seketika itu juga petugas security berupaya memadamkan kobaran api, dengan  alat pemadam api  ringan ( APAR) agar api tidak membesar dan merambat ke ruangan lain.  Dan petugas lainnya, menghubungi Damkar kota Bandung.  

Mendapat laporan adanya kebakaran dari Security DPRD Jabaf, petugas Dinas Damkar-PB kota Bandung, langsung menuju TKP dengan mengerahkan sebanyak 11 unit armada pemadam kebakaran.  

Tidak butuh waktu lama, petugas dengan 11 unit armada pemadam kebakaran sampai keTKP dan langsung berusaha memadamkan api yang sedang berkobar di lantai III gedung DPRD Jabar  ruangan arsip.

Dalam menjalan tugasnya, petugas Damkar menggunakan dua method, yaitu langsung masuk keruangan kebakaran dengan menyemprotkan air dan  kedua petugas Damkar memecahkan kaca jendela dari luar gedung agar asap yang ngepul tebal keluar dan memudahkan petugas menyemprotkan air dari luar gedung.

Kasi Pemadaman Damkar Kota Bandung Asep Rahmat mengatakan, petugas Damkar 24 jam siaga, sehingga setiap ada informasi terjadi kebakaran, kita secepatnya berusaha mencapai lokasi /TKP kebaran.

“ Tadi kita mendapat laporan kebakaran dari security DPRD Jabar, pukul 08.47, seketika itu juga kita berangkat dengan mengerahkan sebanyak 11 unit armada pemadam kebakaran, dengan petugas sudah memakai pakaian lengkap sesuai SOP”, ujar Asep.

Menurut Asep Rahmat, sebenarnya kobaran api tidak begitu besar, sehingga dalam waktu sekitar 1 jam-an, kita berhasil memadamkannya.  

Namun,berhubung  ruangan yang terbakar itu  adalah ruangan arsip yang materialnya mudah terbakar, sehingga asap yang mengepul cukup tebal.  Hal ini, membuat 3 anggota security DPRD Jabar yang berusaha membantu memadamkan mengalami sesak napas. Dan satu orang terpaksa dilarikan kerumah sakit, untuk penangan lebih lanjut.

Alhamdulillah, api berhasil kita padamkan dalam waktu sekitar 1jam-an, dan tidak sempat merembet keruangan lain.  Saat ini kita masih terus melakukan pendinginan, dan asap berangsur-angsur  mulai menipis, ujarnya.  (dbs/sein).

×
Berita Terbaru Update