Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Healing dengan Menjurnal dan Mengkreasikan Sampah Plastik di “Sejauh Rumah Kita”

Jumat, 02 September 2022 | 20:52 WIB Last Updated 2022-09-02T13:52:47Z

Peserta Belajar Bersama  di Sejauh Rumah Kita di Yogyakarta



 YOGYAKARTA, Faktabandungraya.com,-- Kesadaran masyarakat akan isu-isu lingkungan yang mengancam kepunahan makhluk di Bumi semakin meningkat. Namun, kesadaran belum cukup perlu ada tindakan nyata.  Salah satu caranya adalah dengan beralih ke gaya hidup yang sadar, bertanggungjawab, dan tentunya ramah lingkungan atau biasa dikenal dengan gaya hidup slow living.


Cara menerapkan gaya hidup slow living tersebut dapat dipelajari di “Sejauh Rumah Kita” yang dihadirkan di Yogyakarta oleh Sejauh Mata Memandang sejak tanggal 8 Juli 2022 hingga 4 September 2022 melalui kegiatan Belajar Bersama.

Melalui kegiatan Belajar Bersama tersebut, Sejauh Mata Memandang menggandeng berbagai komunitas slow living di Yogyakarta untuk berbagi ilmu dan tips menjalani gaya hidup slow living yang dapat membantu kita membangun hubungan yang lebih baik dengan diri sendiri, dengan sesama manusia, dan juga dengan alam.

 Walau baru hadir dua bulan, “Sejauh Rumah Kita”, berbagai kegiatan Belajar Bersama telah dilakukan, seperti mendaur ulang kaos bersama Chitra Subyakto, menggambar dan mewarnai bersama Art Class Cikgu, membuat sabun cuci ramah lingkungan bersama Akuna Indonesia, merangkai bunga sembari mencatat cerita bersama Sporadies Botanical Lab & Klub, membuat tote bag ecoprint bersama Kastuba Indonesia, mengenal teh Jawa dan Sumatra serta cara memasangkan teh bersama Klub Masak Sirja.

Selain itu jug ada kegiatan membuat tempe kedelai lokal bersama Sekolah Pagesangan, menjilid buku bersama Tarlen Handayani, meracik minuman berbasis rempah bersama Agradaya, mengenal lebih jauh tentang Hutan Leuser bersama Farwiza Farhan, dan belajar tentang sejarah warisan budaya ubin semen cap kunci bersama Tegel Kunci.

Hari Sabtu (27/08/2022) merupakan hari terakhir  kegiatan Belajar Bersama di “Sejauh Rumah Kita” dengan menggandeng Janti ‘Alterjiwo’ Wignjopranoto dalam kegiatan “Menulis Jurnal untuk Pulih” di sesi pagi dan TacTic Plastic dalam kegiatan membuat kerajinan tangan dari sampah plastik di sesi sore.

 

Peserta Menulis Jurnal bersama Janti Alterjiwo Wignjopranoto


Menulis Jurnal untuk Pulih bersama Janti ‘Alterjiwo’ Wignjopranoto 

Janti Wignjopranoto adalah seorang penulis buku, praktisi vegan, raw food chef, serta Certified Ayurveda Practitioner asal Yogyakarta. Ia juga dikenal sebagai Janti ‘Alterjiwo’ di Instagram yang sering membagikan catatan harian tentang makanan dan resep makanan yang diolahnya sendiri.


Pada kegiatan Belajar Bersama ini, Janti berbagi wawasan kepada peserta yang hadir tentang cara memahami diri sendiri melalui kegiatan menulis jurnal sebagai cara memulihkan diri yang dimulai dari langkah penerimaan, pemulihan, dan pemberdayaan. Janti mengajarkan para peserta untuk memahami manfaat menulis jurnal, hubungannya dengan proses trauma emosi, hal-hal yang membedakan menulis buku harian (diary) dengan menulis jurnal, dan melatih peserta untuk menulis jurnal dengan berbagai format.

Setelah sesi pembelajaran singkat di “Sejauh Rumah Kita”, para peserta akan melanjutkan kegiatan Tujuh Hari Menulis Jurnal Bersama yang akan melengkapi pembelajaran singkat tersebut secara daring dan yang dipandu oleh Janti.

 Membuat Magnet Kulkas dari Sampah Plastik Sekali Pakai bersama TacTic Plastic

Kegiatan Belajar Bersama yang terakhir diadakan di “Sejauh Rumah Kita” adalah belajar mengkreasikan sampah plastik sekali pakai menjadi sebuah kerajinan tangan yang diajarkan oleh TacTic Plastic.

Tactic Plastic adalah sebuah kelompok seni yang mengolah kembali sampah plastik yang didirikan pada tahun 2016 oleh tiga seniman, yaitu Ayu Arista Murti, Mutia Bunga dan Lily Elserisa karena keprihatinan mereka terhadap pencemaran plastik yang berbahaya dan mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup di bumi.

Peserta Belajar Bersama memperlihatkan hasil karya  magnet kulkas dari sampah pelastik


 

Pada kegiatan Belajar Bersama ini, para peserta diajarkan oleh Tactic Plastic  untuk berkreasi membuat magnet tempelan kulkas dari sampah kantong plastic yang sesuai dengan bentuk, perpaduan warna, dan kreasi masing-masing peserta.

Lily berpendapat bahwa banyak cara untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan yang dapat dimulai dari hal yang terdekat dan kecil. Sebagai seniman, para seniman TacTic Plastic memulainya dengan membuat karya seni rupa.

“Sejauh Rumah Kita” dibuka setiap hari untuk umum mulai tanggal 8 Juli hingga 4 September 2022, dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, berlokasi di Rumah Simbah Studio, NG I / 1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261. (*/red).

 

×
Berita Terbaru Update