Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pangdam III/Slw Tinjau Uji Senjata M-16 A1 Hasil Rekondisi Paldam III/Slw

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 22:18 WIB Last Updated 2022-10-15T15:18:52Z
Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo sedang menjajalsenjata M-16 AI hasil Rekondisi Paldam III/Slw



BANDUNGBARAT, Faktabandungraya.com,-- Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melakukan peninjauan Uji Senjata M-16 A1 hasil Rekondisi Paldam III/Slw dengan PT Muara Teknindo Engineering, bertempat di Laboratorium Dislitbangad Batujajar, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Jum’at (14/10/2022).

Pelaksanaan pengujian dilakukan dengan metode melakukan pengamatan dan perhitungan setiap mata uji baik aspek konstruksi dan perlengkapan (Konskap), aspek kemampuan, aspek kelancaran kerja dan aspek insani. Sedangkan teknis yang digunakan berupa pemungutan data secara lansung setiap mata uji baik uji laboratorium dan uji lapang dengan menggunakan tolok ukur syarat-syarat tife (SST). 

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat dikonfirmasi melalui seluler Jum'at (14/10/202).

Lanjut dijelaskannya, bahwa sampel senjata yang diuji berupa Senapan Serbu Kal. 5,56 MM sebanyak 3 pucuk, merupakan hasil Rekondisi Paldam III/Slw yang telah diuji tanggal 16 September 2022 di Laboratorium Dislitbangad Batujajar dan munisi yang digunakan munisi 5TJ.

Untuk aspek Konskap pengujian meliputi berat senapan lengkap, Dimensi (panjang senapan lengkap, tinggi senapan, letak bidang titik berat senapan, jarak alas popor ke pelindung dan jarak alas popor ke picu), Picu (kuat tarik picu, banyaknya tarikan dan pelindung picu), prinsip kerja, Bolt stopper, alat pengaman tembakan, macam tembakan, bentuk pistol grip, alat bidik mekanis, laras, popor, alat pembawa, tukar alih, dan pemeliharaan lapangan.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyaksikan personil
Paldam III/Slw sedang melakukan rekondisi Senjata M-16 A1


 
Aspek kemampuan meliputi ketelitian tembak jarak 100, 200 dan 300 m, jarak tembak efektif, daya tembus, daya tolak balik, dan cepat tembak (ROF). Sedangkan aspek kelancaran kerja yang diujikan meliputi, ketahanan terhadap air tawar, air laut, air hujan, terhadap jatuh, debu, pasir, lumpur, hentakan, nyala spontan serta usia pakai.


Kemudian untuk aspek insani, pengujian meliputi pembidikan, penembakan, bongkar pasang dan pelayanan.  

Sementara itu pelaksanaan pengujian dilaksanakan oleh tim penguji dari Dislitbangad  dengan menembakkan senapan M 16 A1 di tempat pengujian, guna melihat hasil rekondisi senjata tersebut.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut, Danrindam III/Slw, Asintel, Asops, Aspers dan Aslog Kasdam III/Slw,  Kabekangdam, Kapaldam, Dandenmadam III/Slw serta Dandim 0609/Cimahi. (Pendam/red).

×
Berita Terbaru Update