Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Agar Para Nelayan Tetap Melaut Pemerintah Salurkan BTL BBM , Syamsul : Tepat Sasaran dan Tidak Ada Potongan

Senin, 07 November 2022 | 09:56 WIB Last Updated 2022-11-13T03:18:44Z
H.Syamsul Bachri, SH, MBA (Baju Putih) dari Fraksi PDIP memberikan tanggapan terkait dampak kenaikan BBM Bersubsidi jenis solar


 
INDRAMAYU, Faktabandungraya.com,-- Aggota Komisi II DPRD Jabar,  H. Syamsul Bachri SH, MBA  memahami kondisi para Nelayan yang menyampaikan aspirasi karena terdampak kenaikan harga BBM Subsidi jenis Solar, sehingga para nelayan tidak bisa melaut.

Menanggapi aspirasi perwakilan Nelayan Indramayu,  Syamsul Bachri mengatakan, dirinya dapat memaklumi aspirasi para nelayan. Namun, para nelayan tidak perlu terlalu khawatir karena Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial RI  akan menyalurkan bantuan social yaitu Bantuan Tunai Langsung (BTL) BBM khusus para nelayan, buruh nelayan dan para nakhoda kapal kecil yang besarnnya Rp.600 ribu per nelayan/setiap sasaran. 

Bantuan sosial Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial RI  telah  disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jabar.   Selanjutnya melalui Dinas Sosial yang akan  menyalurkan nya kepada para nelayan Jabar, termasuk nelayan Indramayu.

Anggota legislative  dari Dapil Jabar XII ( Kab/kota Cirebon –Kab Indramayu )mengungkapkan bahwa pada saat Komisi II DPRD Jabar menggelar rapat dengan Dinas  Perikanan dan Kelautan (DKP) Jabar dan Dinas Sosial Jabar terkait kesiapan dan persiapan penyaluran BTL BBM bagi kalangan nelayan Jabar.

Pada  rapat tersebut, kalangan nelayan yang akan mendapatkan BTL BBM adalah nelayan kecil, buruh nelayan  dan nakhoda.  Untuk nakhoda kapal ukuran masksimal 5 Gross Ton (GT) yang termasuk  dalam Data Terpadu Kesejhateaan Sosial (DTKS).

Untuk penyalurannya sendiri, akan dilakukan dalam dua tahap, untuk tahap pertama akan disalurkan sebesar Rp.400.000,- yang dilakukan pada tanggal 4-13 November 2022 dan tahap kedua sebesar Rp.200.000,- akan disalurkan pada Desember 2022.


Kades Karang Benda mewakili warga terkait  aspirasi nelayan  akibat terdampak kenaikan BBM Bersubsidi

   
Sejauh ini kita dari Komisi II menilai, langkah-langkah kolaborasi DKP dan Dinsos Jabar  cukup baik, dalam kesiapan penyaluran BTL BBM  bagi kalangan Nelayan.  Kita tentunya berharap, melalui penyaluran BTLBBM ini dapat meringankan beban  para Nelayan, kata mantan Ketua DPC PDIP Kab Indramayu ini dihadapan peserta reses I di Desa Karang  Benda Karangampel,  Kab.Indramayu,    Senin (7/11/2022). 


Dikatakan,  berdasarkan data dari  Kemensos melalui Dinsos Jabar,bahwa ada sekitar 23. 600 lebih Nelayan Jabar yang tersebar di 16 Kabupaten/kota di Jabar yang mendapatkan bansos , termasuk juga Nelayan Indramayu dan Cirebon.

Lebih lanjut politisi PDIP Jabar ini mengatakan, bahwa DPRD Jabar, khususnya Komisi II akan terus  melakukan pemantauan terkait penyaluran BTL BBM kepada para Nelayan.  Dan tentunya, kita berharap tidak ada permasalahan, semua tersalurkan kepada orang yang benar-benar berhak menerima bonsos.

Satu lagi yang penting,  jangan ada potongan dengan dalil apapun , para nelayan harus menerima utuh  yaitu sebesar Rp.600.000,- , tandasnya. (Adip/husein)
×
Berita Terbaru Update