Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mantap, Hasil Survei Magna Charta Politika : Partai Demokrat Berada Diposisi Kedua di Bawah PDIP

Kamis, 12 Januari 2023 | 22:46 WIB Last Updated 2023-01-12T15:46:56Z
Wakil Ketua VI DPD Partai Demokrat Jabar H. Sugianto Nangolah, SH, MH (foto:dok.ahw).



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Tahun 2023 merupakan tahun politik,  sehingga seluruh Partai Politik peserta Pemilu 2024 mulai meningkatkan aktivitas kerja-kerja politik.  Bahkan bagi lembaga survey juga mulai sibuk melakukan survey politik , termasuk juga dilakukan oleh lembaga survey Magna Charta Politika.

Pada Rabu, 11 Januari 2023 kemarin, lembaga survey Magna Charta Politika merilis hasil survey terbarunya, dengan  menempatkan PDI Perjuangan teratas, disusul posisi kedua Partai Demokrat dan ketiga Partai  Gerindra. Kemudian berikutnya partai-partai lainnya yang memiliku kursi di DPR RI.  

Menanggapi hasil Magna Charta Politika, Wakil Ketua VI DPD Partai Demokrat Jawa Barat H. Sugianto Nangolah, SH, MH mengatakan, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Survei Magna Charta Politika, menempatkan Partai Demokrat  berada diposisi dua besar dibawah PDI Perjuangan.

Menurut Sugianto yang juga Wakil Katua Komisi III DPRD Jabar ini, survey yang dilakukan oleh  Magna Charta Politika, dilakukan  pada periode 3 hingga 10 Januari 2023, dengan responden berjumlah 2.000 yang tersebar di 34 provinsi se Indonesia.

Dalam menganalisa hasil  kegiatan surveynya, Lembaga Survey Magna Charta Politika menggunakan margin of error sebesar 2,19 persen dengan tingkat kepercaaan sebesar 95 persen. Sehingga didapatkan hasil sebagai berikut : untuk posisi pertama  ditempati oleh PDI Perjuangan dengan elektabilitas 17,8 persen, Partai Demokrat menempati posisi kedua dengan elektabilitas  14,3 persen. Sedangkan posisi ketiga ditempati Partai Gerindra 10,8 persen.

Demikian dikatakan Sugianto Nangolah, saat dihubungi Faktabandungraya.com, Kamis (12/01/2023).

Dikatakannya, dalam rilis  Magna Charta Politika yang disampaikan oleh Direktur Kajian Magna Charta Politika Wildan Ramadhan kepada Media pada Rabu 11 Januari 2023, disampaikan bahwa setelah PDI Perjuangan dan Partai Demokrat, dan Partai Gerindra, diposisi ke empat  Partai NAsdem 8,1 persen, Partai Golkar 7,8 persen, PKS 7,6persen, PKB 4,3 persen, PAN 2,3 persen, dan PPP 1,9 persen. Adapun responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 18,5 persen.

Saat ditanya, apakah  lembaga survey Magna Charta Politika juga melakukan survey terhadap calon Presiden dan calon Wakil Presiden ?...   Ya,  Magna Charta Politika juga melakukannya, kata Sugianto.

Berdasarkan hasil survey Magna Charta Politika, kata Sugianto bahwa, responden memberikan keparcayaan dan mendukung bakal calon Presiden untuk Anies Baswedan sebesar 19,7 persen; Probowo Subianto 16,8 persen; AHY 11,9 persen, dan Ganjar Prabowo 11,7 persen.  

Selain itu, kata Sugianto, masih berdasarkan hasil survey Magna Charta Politika,  ada juga dukungan untuk bakal calon presiden  seperti Airlangga Hartanto 5,2 persen, Sandiaga Uno 3,5 persen, Ridwan Kamil 2,2 persen, Puan Maharani 2,1 persen, Erick Thohir 0,7 persen dan Khofifah 0,6 persen, serta masih ada juga yang belum menentukan pilihan sebesar 25,3 persen.   

Lebih lanjut  Legislator Jabar dari Dapil Jabar I (Kota Bandung-Kota Cimahi) mengtakan, melihat dan mencermati hasil survey Magna Charta Politika, tentunya kita selaku kader Partai Demokrat dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang, akan terus berjuang bersama-sama masyarakat untuk menjadikan Indonesia lebih maju lagi. Hal ini sesuai dengan slogan partai Demokrat :  “Partai Demokrat selalu di hati. Bersama Partai Demokrat, Indonesia pasti maju!”, tandasnya. (ahw).

×
Berita Terbaru Update