Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

H.Mirza Agam Gumay : Selamat HPN 2023, Peran Pers Dalam Pembagunan dan Pengawal Demokrasi

Kamis, 09 Februari 2023 | 10:02 WIB Last Updated 2023-02-12T14:37:11Z
Wakil Ketua BK DPRD Jabar H.Mirza Agam Gumay, SmHk 



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari dan  dirayakan oleh seluruh insan Pers Nasional untuk memperingati lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia pada tanggal 9 Februari 1946 di Solo-Jateng.

Bila kita melihat tahun lahirnya 1946 maka kini  Pers Nasional sudah berusia 77 tahun, diusia yang cukup dewasa ini tentunya insan pers sebagai penyebar informasi  dituntut agar lebih professional sehingga dapat mengedukasi masyarakat dan memberitakan pembangunan yang sesuai dengan fakta.

“Pers  dan para wartawan memiliki peran sangat penting  dalam menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat. Untuk itu saya sangat mengapresiasi sekali”.  

 Hal ini disampaikan H..Mirza Agam Gumay, SmHk saat dimintai tanggapan dan harapannya terkait peringatan Hari Pers Nasional 2023, melalui telepon selulernya, Kamis  (9/02/2023).

Dikatakan terkait tema HPN 2023 “ Pers Bebas Demokrasi Bermartabat” sudah tepat, untuk itu harus dijadikan momentum penguatan peran dan konsistensi wartawan dalam mengawal pesta demokrasi, baik itu Pilpres mapun Pileg tahun 2024.  

Tahun 2023 sekarang merupakan tahun politik, untuk itu diharapkan insan pers tetap konsisten menyampaikan informasi yang baik dan benar sesuai fakta sebagai penangkal informasi hoak, karena pers merupakan salah satu Pilar Demokrasi, sehingga mempunyai peran strategis, kata politisi Partai Gerindra dari dapil Jabar 4 Kab. Cianjur ini.

Lebih lanjut  Mang Agam – sapaan—Mirza Agam Gumay yang juga Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Jabar ini mengatakan, tanpa media, tak ada berita dan informasi pembangunan tersiar serta berkat peran pers setiap kritik dan saran dari anggota DPRD Jabar untuk pemerintahan dilakukan lewat pemberitaan media. Atas hal itu, lanjut Mang Agam  membuktikan bahwa pers memiliki peran  penting dalam pembangunan.

"Masukan atau kritik juga banyak dititipkan melalui pers. Itu bukti nyata bahwa pers memang memegang peranan penting. Selain itu, sebagai pilar demokrasi , Pers  sangat dibutuhkan perannya khususnya dalam pembangunan di seluruh Jawa Barat.

Dalam peran pentingnya, tentunya insan pers  diharapkan dapat terus meningkatkan kompetensinya dengan tetap berpegang teguh Kode Etik Jurnalistik (KEJ) sebagaimana diatur dalam Undang-undang Pers No40 tahun 1999.  Sehinga kehadiran insan pers dan pemberitaannya  dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, harapnya.

“Maju terus  Pers Nasional Indonesia dan tetap penjadi pilar demokrasi, sukses selalu” tandas Mang Agam anggota Komisi II DPRD Jabar ini. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update