Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kecamatan Cilaku Miliki Potensi Wisata Pertanian dan Wisata Alam Curug Ngebul

Senin, 20 Februari 2023 | 00:45 WIB Last Updated 2023-02-19T17:45:24Z
H. Mirza Agam Gumay, saat reses di Desa Cibinong Hilir Kec Cilaku Kab Cianjur (foto:ist)



CIANJUR, Faktabadungraya.com,--  Anggota Komisi II DPRD Jabar H.Mirza Agam Gumay, SM.Hk  dari Fraksi Gerindra-Persatuan mengatakan,  Kecamatan Cilaku memiliki beberapa desa yang dapat dikembangkan menjadi Desa Wisata. Karena di wilayah kecamatan Cilaku ada pertanian yang indah dan juga memiliki Curug Ngebul.


Wilayah Desa Cibinong Hilir Kec Cilaku memiliki potensi pertanian yang masih terhampar pesawahan itu merupakan potensi untuk menjadi obyek wisata yang berbasis pertanian, tinggal bagai mana mengelolanya untuk di jadikan obyek wisata berbasis pertanian. 


“Saya melihat potensi wisata pertanian  di Desa Cibinong Hilir  sungguh luar biasa, tinggal dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan nantinya bisa diberdayakan seperti dari karang taruna, tokoh masyarakat serta kelompok masyarakat lainnya.”.


Demikian dikataka  Mang Agam---sapaan—Mirza Agam Gumay, saat dihubungi usai melaksanaka kegiatan Reses II Tahun Sidang 2022-2023  di DesaCibinong Hilir Kec Cilaku Kab Cianjur, Sabtu (18/2/2023). 


Menurutnya, dirinya kagum melihat hamparan sawah nan hijau terbentang luas di desa Cibinong Hilir,  lantas pada waktu reses saya sampaikan bahwa Desa Cibinong Hilir dapat menjadi desa wisata pertanian. 


Air terjun curug Ngebul dengan ketinggian kurag lebih 50 meter dengan kondisi alam yang masih asri terletak di kawasan hutan lindung, dimana airnya dari puncak sungai Ciupih mengalir ke selatan Pantai Cainjur. 


Air dari Curug tersebut beruapkarena terpaan ke batu dibawahnya, sehingga selalu terlihat ngbul/ berasap.  Namun, memang untuk mencapai curug Ngebul masih cukup sulit  karena infrastrukur jalan menuju kelokasi curug masih  belum dibenahi.  Padahal Curug Ngebul memiliki potensi wisata alam tersembunyi yang dimiliki Kabupaten Cianjur, ujar legislator Jabar dari Dapil Jabar IV Kab Cianjur ini. 


Bila kedua potensi di Kec. Cilaku ini digali dan dibenahi, sangatlah menjanjikan, dan menjadi daya tariktersendiri bagi wisatawan, jadi tidak hanya cocok untuk dijadikan lahan bercocok tanam saja tetapi dapat dijadikan  edukasi pariwisata pertanian. 


Untuk itu, saya sampaikan kepada warga Cibinong Hilir,  bahwa Konsep desa wisata pertanian menekankan pada kerja sama antara petani, pemerintah hingga penyuluh pertanian.Dalam hal ini peran pemerintah sangat penting di mana pemerintah dapat mendukung program-program yang akan dijalankan. Bahkan hingga memberikan modal.


Sedangkan penyuluh pertanian akan memberikan arahan bagaimana cara meningkatkan produktivitas dengan tetap menjalankan program wisata dengan baik. 

 

Adapun terkait Wisata Alam Curug Ngebul,  kita akan minta Pemkab Cianjur untuk segera melakukan kajian dan kebutuhan peunjang, mulai dari sarana-prasarana, transportasi, hingga, infrastruktur  jalan menuju kawasan air terjunnya. 


Saya nyakin kebaradaan Curug Ngebul bila sudah dibenahi akan  menjadi daya tarik wisatawan untuk menikmati kesejukan air dan keindahan alamnya, sekitar kawasan curug Ngebul, tandasnya. (Adib/ahw).  


×
Berita Terbaru Update