Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Hari Raya Kurban, Herry Dermawan Minta Dinas KPP Jabar Perketat Pemeriksaan Hewa Kurban

Minggu, 18 Juni 2023 | 23:56 WIB Last Updated 2023-06-18T17:03:07Z
Anggota Komisi II DPRD Jabar  Ir.H.Herry Dermawan dari Fraksi PAN (foto:ist)



CIAMIS, Faktabadungraya.com,-- Menjelang hari Raya Idul Adha atau Lebaran Kurban tahun 1444H, Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Ir.H. Herry Dermawan meminta Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) untuk melakukan perketatan terhadap hewan kurban yang masuk wilayah Jabar.

Perketatan hewan kurban sangat penting, mengingat hingga saat ini masih ditemukan hewan yang terkena Penyakit Mulut da Kuku (PMK) , untuk itu perlu diantisipasi, jangan sampai hewan yang dikirim dari luar Jabar terjangkit PMK.

Guna mengantisipasi kekhawatiran masyarakat akan ada hewan kurban terkena PMK, maka Komisi II DPRD Jabar minta kepada Pemprov Jabar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) juga Dinas Kesehatan, melakukan pengecekan dan memastikan kesehatan hewan kurban, sehingga layak dikonsumsi masyarakat.

Demikian dikatakan Herry Dermawan dari Fraksi PAN saat dimintai tanggapannya terkait kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Kurban 2023/ Idul Adha 1444H, Minggu (18/6/2023).

Untuk mengantisipasi akan hewan terindikasi PMK maka Komisi II sudah minta kepada DKPP dan Dinkes Jabar agar segera menebar Tenaga Kesehatan Hewan (TKS) di seluruh wilayah Jabar.

Selain itu, Komisi II juga minta agar UPTD di bawah DKPP Jabar terutama yang berada di wilayah perbatasan Jateng , Banten dan DKI Jakarta untuk memperketat pemeriksaan hewan yang akan masuk Jabar.

Perketat pemeriksaan hewan di pos-pos ceck poin yang akan masuk ke Jabar, tampa surat keterangan resmi dari dinas terkait asal daerah bebas PKM sejogya di putar balik, jangan ada toleransi.

“Jika lolos karena kongkalingkong petugas di cek point perbatasan, hal ini juga perlu antisipasi di jalur-jalur tikus oleh petugas kab/kota yang memahami route tersebut” tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update