Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menjadi Desa Mandiri, Desa Cinta Mewakili Jabar Lomba Desa Tingkat Nasional

Sabtu, 15 Juli 2023 | 22:40 WIB Last Updated 2023-07-15T15:43:09Z
Klik
Wagub Jabar Uu R Ulum, Bupati Garut, Dinas PMDes, Kades Cinta foto bersama dalam
 acara penilaian Lomba Desa Tingkat Nasional (foto:ist)


 
GARUT, Faktabandungraya.com,-- Desa Cinta terletak wilayah Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut dan merupakan salah satu desa di  Jawa Barat yang telah dinobatkan menjadi Desa Mandiri.  

Sebagai Desa Mandiri, walaupun letak Desa Cinta berada cukup terpelosok, namun terus  mengikuti perkembangan teknologi digitalisasi dalam pelayanannya.

Desa Cinta dibawah kepemimpinan Kepala Desa Gaos Hamdani, dalam menjalankan roda pemerintahan desavdengan mengedepankan inovasi dan kolaborasi.  Bahkan dalam menjalankan pembangunan menerapkan budaya gotong royong. Sehingga Desa Cinta menjadi mandiri baik secara infrastruktur maupun ekonomi.

Dalam pembangunan infrastruktur, Desa Cinta tidak bergantung pada program dana desa tetapi  dengan bergotong royong  seluruh jalan-jalan di Desa Cinta sangat layak, dan bahkan mampu menghubungkan empat kampung di Desa Cinta melalui swadaya masyarakat.

Pada sector Pertanian,  Desa Cinta mampu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat yaitu melalui program Harumadu (Halaman Rumah Manfaat Terpadu) dan bahkan berhasil menekan angka Tengkes (Stunting).

Keberhasilan pemerintah Desa Cinta dalam berbagai program untuk  mensejahteraan masyarakat  akhirnya dinobatkan menjadi Desa Mandiri. Bahkan, dalam ajang Lomba Desa,  baik tingkat Kabupaten Garut maupun tingkat Provinsi meraih penilaian tertinggi.  Sehingga menjadi perwakilan Jabar di Lomba Desa Tingkat Nasional.

Anggota DPRD Jabar H. Memo Hermawan (foto:isst).



Anggota DPRD Jawa Barat H. Memo Hermawan dari Fraksi PDIP mengatakan, keberhasilan Desa Cinta dalam berbagai program tentunya tidak terlepas dari kerjasama antara aparat desa dengan warga yang selalu menerapkan budaya gotong royong.

“ Sebagai mantan Bupati Garut, tentuya saya sangat bangga dan mendoakan semoga  Desa Cinta mampu membawa harum nama Jabar dengan menjadi desa terbaik di tingkat nasional”, ujar Memo Hermawan saat dihubungi, Sabtu (15/7/2023).

Kesiapan Desa Cinta dalam ajang lomba Desa Tingkat Nasional, sudah cukup siap, bahkan saya optimis Desa Cinta menjadi Juara, tandasnya.   (Adip/sein).

 

×
Berita Terbaru Update