Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Menggali Potensi Besar Sektor Kepariwisataan Kabupaten Indramayu

Sabtu, 18 November 2023 | 19:11 WIB Last Updated 2023-11-18T12:11:14Z
Pantai Balongan merupakan salah satu objek wisata di Kab Indramayu (foto:wisata lengkap)



INDRAMAMYU, Faktabandungraya.com,--  Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat H. Syamsul Bachri, SH, MBA  dari Fraksi PDIP mengatakan kabupaten Indramayu memiliki potensi besar di sector kepariwisataan.  Namun, hingga kini masih belum tergali.

Untuk itu,  dalam menggali dan mengembang sector pariwisata  Kabupaten Indramayu salah satu melalui program Desa Wisata.

Adapun potensi Kepariwisataan Kabupaten Indramayu itu, antara lain : pantai, pertanian,  perkebunan, dan juga wisata religious. Padahal, sector pariwisata merupakan salah satu sector yang mendukung percepatan perekonomian masyarakat dan income pendapatan daerah.

Demikian dikataka H. Samsul Bachri, SH,MBA saat dimintai tangapannya terkait potensi besar Kabupaten Indrmayu di sector kepariwisataan, Jum’at (17/11/2023).

Menurut politisi PDIP Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon- Kab Indramayu) ini, bahwa  dalam mengembangkan kepariwisataan tentunya perlu kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku usaha kepariwisataan, investor termasuk juga penggiat kepariwisataan.

Lebih lanjut  Syamsul Bachri  mengatakan, kita di Komisi II DPRD Jabar  akan mendorong setiap daerah hingga desa untuk menggali potensi daerah yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata, sebagaimana diatur dalam Perda No 2 tahun 2022 tentang Desa Wisata.

Dengan adanya payung hukum Perda Desa Wisata  diharapkan setiap daerah  dapat  mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan masayrakat melalui program desa wisata.

Dalam mengembangka potensi desa wisata  tentunya harus tetap memelihara kelestarian alam, nilai luhur budaya dan adat istiadat.  Namun, sangat perlu juga, menjaga keamanan dan kenyamanan setiap wisatawan yang berkunjung di desa wisata tersebut.

“Kenyamanan dan keamanan pengungjung ke objek wisata desa, mulai sarana-prasaran, filitas pendukung, intrastrukur termasuk juga oleh-oleh da cindramata, yang data dibawa dan menjadi kenangan bagi wisatawan”, ujar Syamsul yang pada Pileg 2024 akan maju menjadi caleg DPR RI dari Dapil Kab/Kota Cirebon-Kab Indramayu ini.

Lebih lanjut dikatakan, majunya sector pariwisata tentunya berdampak terhadap sector lain, seperti  sector transportasi,  akomudasi,  UMKM, termasuk juga pelaku usaha kepariwisataan. Dengan demikian, majunya sector pariwisata berdampak positif terhadap peingkatan perekonomian masyarakat, tandasnya. (AdiP/sein).

 

×
Berita Terbaru Update