Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bahas LKPJ Gubernur Jabar 2023, Rafael Situmorang Menilai Belanja Pegawai dan Belanja Program Sangat Jomplang

Sabtu, 20 April 2024 | 21:43 WIB Last Updated 2024-04-20T14:43:00Z
Anggota Komisi I DPRD Jabar Rafael Situmorang, SH, MH 


BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- DPRD Provinsi Jawa Barat, saat ini sedang melakukan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Jabar 2023.

Berdasarkan hasil sementara kajian Komisi I DPRD Jabar bersama mitra kerja, ditemukan adanya ketidak keseimbangan atau jomplang peruntukan penggunaan anggaran. Dimana anggaran untuk belanja pegawai jauh lebih besar dari pada belanja programnya itu sendiri.

“Jomplang anggaran tahun 2023, salah satunya ditemukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda)Provinsi Jawa Barat. Dari anggaran sebesar Rp.38 miliar di Dispusipda Jabar sebesar kurang lebih Rp.30 Miliar digunakan untuk belanja pegawai dan Gedung. Sedangkan sisanya  dpergunakan untuk program”.

Demikian dikatakan Anggota Komisi I DDPRD Jabar Rafael Situmorang, SH, MH dari Fraksi PDI Perjuangan kepada media saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, baru-baru ini.

Dikatakan, Anggaran Dispusipda masih didominasi belanja anggaran penujang dibanding anggaran program. Seharusnya belanja penunjang 51% dari seluruh anggaran. Namun dana sebesar Rp 38 miliar digunakan untuk belanja pegawai untuk mengerjakan “program” Rp 3 miliar.

“ Komisi I menilai adanya ketidak keseimbangan atau jomplang penggunaan APBD di Dispusida Jabar selaku mitra kerja, menandakan ada ketidak sehatan terjadi di mitra Komisi I”, tegasnya.

Rafael menambahkan,  berdasarkan UU No 1 tahun 2022 tentang hubungan Keuangan Pusat ke Daerah disyaratkan Belanja Pegawai dari APBD itu maksimal direntang 30 persenan. Ini jomplang sekali dengan anggaran programnya itu sendiri yang cuma Rp 3 miliar.

Selain masalah ketidakseimbangan anggaran di Dispusipda ini, yang mendapat perhatian Komisi I juga di antaranya yaitu Program-program mencerdaskan masyarakat pada periode tahun 2023, Pemakaian Aplikasi SRIKANDI.

Kerjasama dengan Diskominfo Jabar terkait SPBE, konten-konten Layanan, kinerja Arsiparis yg mendapatkan apresiasi, Layanan Kearsiapan dan Survey Kepuasan Masyarakat.(AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update