Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut CJH 1445H, Komisi V Minta Pengelola Asrama Haji Indramayu Meningkatkan Kebersihan dan Kenyaman Calon Jemaah Haji

Minggu, 05 Mei 2024 | 23:20 WIB Last Updated 2024-05-05T16:20:01Z
Asrama Haji Indramayu ( Foto:ist)


INDRAMAYU, Faktabandungraya.com,--  Calon Jemaah Haji (CJH) asal Jabar kloter pertama yang diberangkatkan  ke tanah suci dari embarkasi Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka-Jabar , pada tanggal 11 Mei 2024 mendatang akan masuk asrama haji di Indramayu. , sebelum diberangkatkan pada 12 Mei 2024 ke tanah suci Arab Saudi.

Pada musim haji 1445H/ 2024, ada sebanyak  13.050 orang calon Jemaah haji asal Jabar  yang terbagi dalam 30 kloter akan diberangkatkan melalui embarkasi Bandara Kertajati. Namun, sebelum diberangkatkan, para CJH akan menginap satu malam di asrama haji Indramayu.

Untuk menyambut kedatangan CJH Jabar, anggota Komisi V DPRD Jabar H. Eryani Sulam , M.Si meminta kepada Pemprov Jabar dan Kanwil Depag Jabar selaku pengelola asrama Haji Indramayu, agar mempersiapkan asrama haji  semaksimal mungkin.  

Pengelola asrama haji Indramayu harus dapat melayani calon jemaah haji sesuai dengan standar yang telah ditentukan baik dari kenyamanan, kebersihan maupun makanan dan minumannya.  

“ Pelanyanan, kenyamanan, kebersihan termasuk soal makan minum Jemaah harus benar terjaga dan harus menjadi nomor satu”,  kata Eryani Sulam  saat dimintai kementarnya terkait kesiapan asrama haji Indramayu dalam menyambut kedatangan CJH 2024, Minggu (5/5/2024).

Politisi Nasdem Jabar ini mengungkapkan bahwa, beberapa waktu lalu Komisi V melakukan kunker ke Bandara Kertajati dan ke Asrama Haji Indramayu.

Di Asrama Haji Indramamyu kita ( Komisi V-red), melihat masih ada tumpukan sampah, rumput -rumput, ada genangan air dan kondisi tanaman yang kurang terawatt.  Pada kesempatan terseut, Komisi V sampaikan agar pihak pengelola untuk segera membersihkan,  dan segera melakukan pembenahan.  Hal ini penting untuk kenyamanan dan keamanan CJH, jangan sampai menimbulkan penyakit.

Politisi Nasdem ini menambahkan, beberapa hari kedepan, jelang CJH masuk asrama haji Indrmayu, Komisi V akan kembali meninjau kesiapan dan persiapan pengelola asrama haji.

Kita juga mengecek fasilitas dan kondisi  kamar beserta perlengkapannya yang tersedia.  Perlengkapan kamar cukup baik, Ada AC, TV, Tempat tidur lengkap dan bersih.

Sedangkan untuk ketersediaan kamar ada 100 unit dan menyediakan empat bed (per kamar). Jadi bisa memfasilitasi sekitar 400 jemaah haji yang menginap di Asrama Haji Indramayu. 

Anggota Komisi V  Jabar H. Eryani Sulam, M.Si


Intinya, kita berharap, asrama haji Indramayu, benar-benar dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan maksimal terhadap CJH yang datang untuk menginap beristirahat sebelum diberangkatkan, harapnya.


Lebih lanjut, anggota Legilatid Jabar dari Dapil Jabar XII ( Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, berdasarkan data dari Kanwil Kemenang Jabar dan Pemprov Jabar, bahwa  keseluruhan CJH Jabar sebanyak 40 ribu orang.

Namun yag diberangkatkan melalui embarkasi Bandara Kertajati sebanyak 13.050 orang yang terbagi dalam 30 kelompok terbang (Kloter). Sisanya diberangkatkan melalui Bandara Soetta Cingkareng Jakarta.

Adapun CJH yang diberangkatkan dari Bandara Kertajati berasal dari daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.

Walaupun demikian Eryani Sulam berharap semuanya dapat berjalan sesuai rencana, sehingga pemberangkatan calon haji tahun 2024 sudah benar-benar dapat memfungsikan keberadaan asrama haji Indramayu., tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update