4.500 Prajurit Mengikuti Latihan Pengamanan Pileg Dan Pilpres 2019

FAKTABANDUNGRAYA.COM, CIREBON - Korem 063/Sgj menyelenggarakan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019 serentak di wilayah Kodim jajaran Korem 063/Sgj.

Latihan tersebut  dengan mengusung Tema, 'Kodam III/Siliwangi Melaksanakan Latihan Pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden di Wilayahnya Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI' yang bertempat di Makorem 063/SGJ Jalan Brigjen Dharsono ByPass Kota Cirebon, Senin, (4/2/19).

Dalam Amanat Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono yang dibacakan Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Arh Adhi Kurniawan, SE MHan mengatakan, ”pada tanggal 17 April 2019 ini, kita akan melaksanakan Pesta Demokrasi lima tahunan memilih anggota legislatif yang akan menjadi wakil-wakil Rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden yang akan dilaksanakan secara bersamaan," ujarnya. 

"Sukses atau tidaknya Pemilu tersebut merupakan tanggung jawab kita bersama. Untuk itu, perlu dukungan penuh dari  semua komponen bangsa termasuk TNI, agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai, serta berkualitas," ungkapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dan sesuai dengan amanah Undang -Undang No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya Bab IV Pasal 7 ayat (2) menyebutkan, " tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya adalah membantu tugas Pemerintahan didaerah dan membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang.

Maka, Satuan jajaran Kodam III/Siliwangi khususnya Korem 063/Sgj akan dilibatkan membantu Polri dalam pengamanan Pemilu, baik dalam hal monitoring, maupun pengamanan terpadu yang dilaksanakan bersinergi dengan pemerintah daerah setempat dan instansi terkait  lainnya.

Saya berharap, " melalui latihan ini, peserta latihan akan memahami posisi masing-masing sebagai pasukan pengaman yang tugasnya membantu Polri, sehingga koordinasi dan kerjasama antara kita dengan Polri, pemerintahan di daerah, serta instansi terkait lainnya senantiasa perlu terjalin dengan baik dan menjadi tolak ukur sampai sejauhmana kesiapan satuan, baik personel dan materiil, maupun kemampuan prajurit dalam menghadapi pengamanan Pemilu Legislatif dan pemilu Presiden di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Dengan semuanya itu, diharapkan pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan aman, damai, demokratis dan berkualitas.

Dalam Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019 yang dilaksanakan sejak tanggal 28 Januari sampai dengan tanggal 8 Februari 2019 itu, diikuti oleh 4500 prajurit Satpur, Satbanpur, Satkowil, Satbalak dan Satbanmin jajaran Kodam III/Siliwangi. 

Yang dihadiri oleh Dandim 0614/Kota dan Dandim 0620/Kab. Cirebon, Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Dan/Kasatdisjan Korem 063/SGJ, Danyon Arhanud-14/PWY, Kasatpol PP Kota dan Kab. Cirebon, Kakesbangpol Linmas Kota dan Kab. Cirebon, ketua KPU Kota dan Kab. Cirebon, ketua Bawaslu Kota dan Kab. Cirebon, Para Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Korem 063/Sgj. (Red/Pendam III).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.
    Google Plus Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar