Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemprov Jabar Peroleh Kategori "Baik" Dalam Pengawasan Kearsipan Tahun 2018

Rabu, 27 Februari 2019 | 17:53 WIB Last Updated 2019-02-28T10:54:59Z
Kota Padang, faktabandung.com,--- Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menerima penghargaan dalam Laporan Monitoring Tindak Lanjut Pengawasan Kearsipan Tahun 2018 dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan memperoleh kategori "Baik" di Hotel Pangeran Beach Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/2/19).

"Alhamdulillah Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapat peringkat ke 2-dari 34 Provinsi di Indonesia, dengan kategori "Baik"," ungkap Iwa.

Selain provinsi, ada juga Kelompok Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan Kategori "Baik" diberikan pada tiga kabupaten/kota di Jawa Barat. Yaitu, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Bogor. Rakor ini dibuka Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan dihadiri oleh 723 peserta dari seluruh Jawa Barat.

Selanjutnya Iwa sangat berharap kearsipan di Pemprov Jawa Barat dan Kabupaten/kota pun mempunyai predikat kategori "Sangat Baik". Sehingga mampu menyamai bahkan mengalahkan provinsi dan kabupaten/kota lain di Indonesia.

Maka Iwa menghimbau pada seluruh OPD maupun kabupaten/kota di Jawa Barat untuk terus meningkatkan kesadaran tentang pentingnya arsip dan melakukan tata kelola dengan baik. Apalagi di era digitalisasi sekarang ini bukan hanya menyimoan secara fisik namun secara digital pun bisa.

"Adapun langkah-langkah menuju kategori "Sangat Baik" dengan mendokumentasikan semua aktivitas dan disimpan secara rapi. Karena nantinya jika dibutuhkan akan mudah dicari dengan cepat dan tepat," papar Iwa.

"Inilah tata cara kelola yang baik, yang akan kita terapkan di Jawa Barat," ujarnya.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Rini Widyantini, mengatakan pengelolaan arsip merupakan salah satu yang penting dan fundamental dalam melakukan administrasi pemerintahan yang efektif dan efisien.

"Pencataan informasi yang dihasilkan administrasi pemerintahan sudah seharusnya mengikuti kaidah dan prinsip kearsipan," tegasnya.

Sehingga, tutur Rini, arsip digunakan tidak hanya sebagai catatan historis, tetapi digunakan juga sebagai informasi dalam pengambilan keputusan, baik yang bersifat teknis maupun strategis sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Kearsipan.

Selain itu Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Mustari Irawan menjelaskan, peran ANRI yaitu memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan kearsipan. ANRI telah melakukan pengawasan kearsipan sejak tahun 2016 dan akan terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Menurutnya, rakor ini dipandang penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kualitas negara melakukan kearsipan dimasing-masing lembaga dan pemerintah daerah. Hal tersebut dilakukan pasca dilakukan pengawasan kearsipan.

Hal ini diperkuat dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, di mana nilai hasil pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) senantiasa berupaya untuk menyampaikan nilai tersebut setiap tahun sebagai bahan evaluasi Reformasi Birokrasi di masing-masing Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Dijelaskan Mustari, hasil monitoring tindak lanjut hasil pengawasan kearsipan tahun 2018 di 34 kementerian menunjukkan perkembangan. Diantaranya sebanyak 3 kementerian (9%) kategori "Sangat Baik", 17 kementerian (50%) kategori "Baik", 9 kementerian (26%) kategori "Cukup" 4 kementerian (12%) kategori "Kurang" dan masih ada 1 kementerian (3%) kategori "Buruk".

Selanjutnya, hasil pengawasan kearsipan pemerintah daerah tahun 2017 untuk provinsi belum ada yang memiliki kategori "Sangat Baik". Namun 7 provinsi (21%) kategori "Baik", 6 provinsi (18%) kategori "Cukup", 5 provinsi (15%) kategori "Kurang" dan 16 provinsi (43%) kategori "Burik".

"Untuk kabupaten/kota juga belum ada yang mempunyai predikat kategori "Sangat Baik". Diantaranya 8 kabupaten/kota (2%) kategori "Baik", 31 kabupaten/kota (3%) kategori "Cukup", 47 kabupaten/kota (9%) kategori "Kurang" dan 422 kabupaten/kota (83%) kategori "Buruk"," paparnya.

Sedangkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2018 untuk pemerintah daerah provinsi terdapat satu provinsi (3%) yang memiliki kategori "Sangat Baik".

"Kemudian 11 provinsi (32%) kategori "Baik", 6 provinsi (18%) kategori "Cukup", 6 provinsi (18%) kategori "Kurang" dan masih ada 10 provinsi (29%) kategori "Buruk"," katanya.

"Sedangkan untuk pemerintah daerah kabupaten/kota belum ada yang mendapatkan penilaian "Sangat Baik". Untuk 33 kabupaten/kota (6%) kategori "Baik", 81 kabupaten/kota (16%) kategori "Cukup", 63 kabupaten/kota (12%) kategori "Kurang" dan 331 kabupaten/kota (65%) kategori "Buruk"," paparnya.(hms/red).
×
Berita Terbaru Update