Buka Puasa Bersama, Gubernur Jabar Minta Wartawan Memberitakan Dengan Mengutamakan Kondusifitas

 PAKUAN, Faktabandungraya.com,-- Gubernur Jawa Barat M.Ridwan Kamil menggelar silaturahim dan buka puasa bersama dengan Wartawan di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata No 1, Kota Bandung, Rabu, (22/5/2019).

Menurut Emil sapaan akrab Ridwan Kamil bahwa tantangan yang terberat di saat ini adalah memilih informasi, bahkan hari ini kita sama-sama mendengar ada beberapa medsos dibatasi/ takedowns oleh pemerintah (Facebook, Instegram, WA). Karena benda digital ini memang ada sisi positif dan negatifnya. Bahkan di negara Singapura sendiri sudah ada Undang-undang tentang Hoax.

Untuk itu, pada kesempatan ini, saya minta kepada rekan-rekan wartawan hendaknya memberitakan yang mengutamakan kondusifitas, supaya muncul dari 50 juta warga Jabar mutnya positif dan tidak pesimis memandang Indonesia kedepan, pintaGUbernur Emil.

Acara buka bersama tersebut, selian dihadiri puluhan Wartawan juga turut hadir Wagub Uu R Ulum, Sekda Jabar Iwa Karniwa, Kabiro Humas dan Protokol, Hermansyah, Kabiro Umum Iip Rivai dan Ustadz Tatang

“ Saya selalu menjadi wajah optimis bagi Jawa barat, maka saya sangat jarang sekali posting-posting negatif, tetapi dengan engel yang positif dan menasehati masyarakat”, ujarnya .

Adapun terkait kondisi hari ini di Jakarta, bahwa, masyarakat kita cenderung terbelah karena berbeda pilihan dalam politik (pilpres 2019), dan membutuhkan wktu panjang untuk merajut kembali kebersamaan dan keutuhan. Fenomena ini tidak terjadi di Pilpres 2014, namun sekarang (Pilpres 2019) sungguh luar biasa terpolarisasi, sehingga berdampak negatif, hilang nyawa, terjadi perceraian karena berbeda pilihan.

“Saya membawa sisi positif, untuk itu saya mengajak kepada rekan-rekan wartawan/ media untuk membawa hal-hal positif dengan volumenya ditingkatkan”, ujar Emil.

Kemarin, kata Emil, dirinya diwawancari The Jakarta Post, ternyata Provinsi Jawa Barat banyak dibicarakan ditingkat Nasional adalah hal-hal positif, sehingga positif ini membawa semangat untuk kita semua.

Citra positif inilah berbagai pihak untuk bertemu dan mengajak kerjasama karena rasa percaya diri, bahkan rencana dari Amazon siap berinvestasi sekitar 30 triliun. Hal ini tentunya kita berharap semoga program Jabar Juara Lahir-Batin benar-benar dapat terwujud dalam waktu 5 tahun.

Adapun mensikapi politik hari ini, sya sudah berkoordinasi dengan Kapolda dan pangdam Siliwangi, bahwa kondisi Jawa Barat relatif aman, dan tidak ada gejolak dan pergerakan di 27 Kab/kota se Jabar. Karena semua terlokalisir di Jakarta. Bahkan ketika saya tanyakan kepada kepala derah, mereka (Bupati/walikota) mengatakan dalam kondisi aman dan kondusif, ungkapnya.

Kita juga mengapresiasi tugas KPU dan Bawaslu Jabar dan Kab/kota yang telah tuntas melakukan perhitungan suara Pilpres danPileg. Dimana hasilnya relatif mirif-mirif hasil Quickount.

Yang namanya kompetisi, pastilah ada yang gembira dan ada yang kecewa, untuk itu, bagi pihak-pihakyang merasa dirugikan hendaknya melalui jalur konstitusi, karena kalau tidak ditempuh akan menjadi preseden bagi kelangungan kehidupan.

Untuk itu, hendaknya jangan merusak niat, niatnyakan aksi dan berekspresi menyampaikan pendapatnya tetapi jangan ciderai dengan niat buruk, kekerasan pengerusakan, apalagi disusupi dengan provokasi, yang akhirnya dirugikan masyarakat juga, ujarnya.

Saya juga mengucapkan turut belasungkawa bagi warga yang kena musibah selama mengikuti unjuk rasa di Jakarta, karena ada beberapa warga Jabar yang terkena. Bahkan ada warga Depok meninggal akibat ikut-ikutan berdemo di Jakarta.

“Mudah-mudahan beres hari ini, karena panggungnya sudah bergeser dari KPU dan Bawaslu ke MK. Untuk itu, kita doakan, apapun hasilnya, MK dapat objektif dalam memberikan penilaian”, harapnya.

Pada kesempatan ini, Saya juga titip kepada media, kalau ada program merajut kembali kebangsaan, hayo, saya siap sekali”, pintanya. Bahkan pasca lebaran, saya akan melakukan safari lebaran ke seluruh Kab/kota se Jabar agar seluruh Jabar bersatu kembali dan bersama-sama membangun Jabar”, himbaunya. (husein)..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.