Gelar Sosialisasi di Desa Sukamukti, Dansektor 21 Tampung Aspirasi Warga

KATAPANG, faktabandungraya.com,--- Warga desa Sukamukti antusias mengikuti Sosialisasi Program Citarum Harum 2019 yang digelar oleh Satgas Sektor 21 Subsektor 8 Ciranjeng di Aula Kantor Desa Sukamukti, Jalan Sukamukti No.1 Cibogo, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung  Senin (22/7/19).

Dalam kesempatan itu, Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat memaparkan berbagai permasalahan, pencemaran, dampak, hingga upaya pembenahan yang sudah dilakukan satgas untuk mengembalikan kelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Selain itu, pada kunjungan peetamakalinya di Subsektor 8 Ciranjeng ini, Dansektor 21 juga mendengar aspirasi yang disampaikan warga terkait persoalan lingkungan, mulai dari sampah, sanitasi hingga terkait proyek sodetan sungai yang ada wilayah desa Sukamukti.

“Hari ini, Senin tanggal 22 Juli 2019, Sektor 21 melaksanakan sosialisasi di Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Allhamdulillah tadi sudah selesai kita kerjakan, dan acara ini dihadiri oleh sekitar 120 orang warga dan tokoh masyarakat yang berada di wilayah ini," ucap Dansektor 21.

Dirinya juga menyampaikan latarbelakang mengapa satgas diterjunkan di sungai citarum, sampai diterbitkannya Perpres No.15 Tahun 2018 pada bulan Maret 2018.

“Ternyata setelah saya jelaskan warga bertambah paham, bahwa sungai Citarum itu permasalahannya bukan hanya sampah keluarga atau organik saja. Tapi berbagai macam masalah ada disitu dan kompleks. Saya jelaskan mulai dari adanya lahan kritis di hulu sungai Cisanti Gunung Wayang, adanya limbah Industri, limbah ternak dan juga limbah manusia itu sendiri serta sedimentasi yang sudah menumpuk begitu banyak dan lama sampai berpuluh puluh tahun, sehingga lebar dan kedalaman sungai Citarum dan Anak anak sungainya menjadi berkurang (dangkal dan sempit)”, jelas Dansektor 21

“Nah itu yang kami lakukan dari awal sampai saat ini, hingga 7 Tahun kedepan. Dengan mengupayakan berbagai macam cara untuk mengatasinya, mudah mudahan mereka sadar, sehingga mau berbenah dari rumah tangga sendiri dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Apalagi mau melaksanakan kegiatan dengan satgas Citarum, itu yang saya harapkan”, ujar Kolonel Yusep.

Sebelumnya, Kepala Desa Sukamukti, Agus Tajudin S.Pd saat memberikan sambutan, menyampaikan dukungannya kepada Satgas Citarum yang telah melaksanakan tugasnya demi mengembalikan ekosistem di DAS Citarum.

Dirinya juga berharap, warganya mau mendukung dan melaksanakan program Citarum harum demi mengembalikan sungai sebagai sumber kehidupan bagi banyak orang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.