Panglima TNI Sambangi Hasil Karya Yang Dipamerkan 23 Sektor Satgas Citarum Harum

KATAPANG, faktabandungraya.com,--- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran Kepala Staf TNI sambangi stand hasil karya kolaborasi TNI dan warga yang dipamerkan oleh 23 satgas sektor citarum harum saat menghadiri acara rangkaian peringatan HUT ke 74 TNI, Karya Bakti dan Bakti Sosial TNI yang digelar oleh Kodam III Siliwangi di Bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7 Satgas Citarum Harum di Desa Sukamukti, Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Sabtu (21/9/19).

Masing-masing Satgas Sektor Citarum Harum mulai dari Sektor Pembibitan yang ada di wilayah hulu sungai Citarum hingga Sektor 20 wilayah hilir sungai Citarum, serta 2 sektor yang menangani anak sungai Citarum, yakni Sektor 21 dan 22, memamerkan hasil karya yang berkaitan dengan wilayah geografis, kebutuhan, dan budaya di lingkungan masyarakat masing masing sektor.

Hasil karya yang dipamerkan satgas citarum merupakan bagian dari kolaborasi antara TNI dengan komponen masyarakat. Sebagian besar hasil karya yang dipamerkan masing masing sektor memanfaatkan atau daur ulang sampah domestik. Mulai dari sampah organik yang diolah menjadi pupuk, sampah anorganik menjadi barang kerajinan, hingga limbah yang diolah menjadi produk paving blok.


Peringatan HUT Ke 74 TNI yang digelar Kodam III Siliwangi yang dipusatkan di bantaran sungai Citarum, memberikan pesan khusus bahwa TNI selain bertugas menjaga kedaulatan negara Indonesia, harus juga bermanfaat dan manfaatnya dirasakan nyata oleh rakyat. Karena TNI dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Dengan hadirnya TNI yang tergabung dalam satgas sektor citarum harum pertanda bahwa TNI serius dalam menangani permasalahan lingkungan, khususnya DAS Citarum di Jawa Barat sesuai perintah Perpres Nomor 15 Tahun 2018.

"Ini bagian pentahapan, kita tau bahwa TNI dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, oleh karena itu kita peka terhadap permasalahan-permasalahan dibawah terkait kesehatan, lingkungan hidup dan pendidikan oleh sebab itu kita turun kebawah permasalahan apa yang bisa kita bantu, " ucap Panglima TNI.

" Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa diterima masyarakat dan kegiatan seperti ini dilaksanakan tidak hanya pada HUT TNI saja, tetapi dihari selain HUT TNI juga sudah banyak yang kita lakukan," tegas Panglima TNI.

Kenapa dilaksanakan di Citarum, " sekarang Citarum menjadi sorotan, kemaren citarum kurang bagus tapi sekarang sudah bagus, bisa digunakan untuk rekreasi dan mempunyai nilai jual tinggi," pungkasnya. (Cuy/Pen III)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.