Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Merespon Laporan Warga, Satgas Sektor 21 Sidak IPAL PT Papyrus Sakti

Selasa, 03 Desember 2019 | 17:09 WIB Last Updated 2019-12-03T16:56:34Z
PAMEUNGPEUK, faktabandungraya.com,--- Satgas Sektor 21 Citarum Harum melakukan pengecekan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) PT Papyrus Sakti, Jalan Raya Banjaran, Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Senin (2/12/19). Kegiatan ini dilakukan untuk melihat progress serta merespon laporan dari warga masyarakat.

Jajaran Sektor 21 Satgas Citarum pada kunjungan pengecekan yang dipimpin langsung oleh Pasiminops Sektor 21 Letda Inf Saniyo, mewakili Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf Yusep Sudrajat, diterima oleh staf manajemen PT Papyrus Sakti, H Bunyamin dan Karel.

Turut disaksikan oleh awak media dan elemen masyarakat, Letda Inf Saniyo beserta anggota Subsektor 21-07 langsung menuju ke lokasi IPAL.

"Hari ini, Senin tanggal 2 Desember 2019, kami melaksanakan pengecekan IPAL di PT Papyrus Sakti berdasarkan laporan warga bahwa pabrik ini melakukan pembuangan hasil olahan limbah berwarna putih," kata Letda Saniyo usai pengecekan.

"Sekarang kita sama-sama lihat bahwa air yang dibuang oleh PT Papyrus Sakti kondisinya normal," terangnya, meski belum sejernih hasil olahan limbah dari produk tekstil.

"Air berwarna putih seperti yang ditudingkan bukan berasal dari IPAL, tetapi setelah kita membuktikan berasal dari air yang berputar di outlet sebelum jatuh ke aliran sungai," urainya.

Ditegaskan oleh Letda Inf Saniyo, "Tentunya kami akan memberikan sanksi apabila perusahaan tidak mengolah limbahnya dengan baik," tegasnya.

Menanggapi giat pengecekan oleh jajaran Satgas Citarum Sektor 21 ke IPAL perusahaannya, H. Bunyamin menjelaskan, "Kami berterimakasih atas pengecekan yang dilakukan oleh Satgas, Insya Allah, dua atau tiga bulan ini kami concern untuk menyempurnakan kinerja IPAL. Untuk hasil hari ini kita sudah sama-sama lihat," jelasnya.

Saat ditanya oleh wartawan upaya peningkatan apa saja untuk IPAL, dijawab oleh H. Bunyamin, "Pertama adalah recycle (air limbah). Debit normalnya 3.000 meter kubik perhari, sekarang 900 meter kubik, meskipun sekarang ada banyak air hujan, tapi tetap kami upaya me-recycle. Kedua, kami upaya meningkatkan kinerja IPAL ini dengan melakukan pembiakan bakteri secara berulang. Alhamdulillah, dalam dua minggu ini, kehidupan bakterinya jauh lebih baik," jawab H. Bunyamin panjang lebar.

"Harapan kami, satu dua minggu lagi kami akan perlihatkan bahwa bagaimana kinerja IPAL kami semakin baik lagi," harapnya.

Walaupun parameter baku mutu air limbah untuk industri pengolahan kertas ini berbeda dengan industri tekstil, namun PT Papyrus Sakti tetap berupaya memenuhi standar dari Satgas Citarum.

"Optimalisasi IPAL kita sejak dari bulan September 2019 hingga saat ini, antara lain penambahan Decker WWR, fasilitas untuk mengurangi kotoran dari limbah, terutama sludge yang lolos, dan itu tanpa bahan kimia, selanjutnya dikembalikan ke proses produksi, sehingga efisiensinya meningkat, beban pencemaran akan menurun dan beban IPAL akan lebih murah," terangnya.

"Kemudian bak filter sebagai post treatment, saringan setelah clarifier. Itu sedang dirancang di luar, nanti kami akan pasang. Lalu tadi, optimalisasi biologi, ini terus berjalan," terangnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskannya, "Tambahan lainnya adalah normalisasi thickener juga, target pekerjaan sebetulnya pada akhir Desember ini, kita sedang manggil kontraktor luar," ungkapnya.

Proses lainnya untuk optimalisasi IPAL di PT Papyrus Sakti ini adalah sedimentasi wet scrubber.

"Sedimentasi wet scrubber ini sedang berjalan," pungkasnya. (Cuy/St).
×
Berita Terbaru Update