Satgas Sektor 21-01 Pantau Secara Berkala Hasil Pengolahan Limbah Industri di Rancaekek

RANCAEKEK,--- Satgas Sektor 21 Subsektor 01 Rancaekek terus pantau industri penghasil limbah cair di wilayah Rancaekek Kabupaten Bandung. Ini sebagai komitmen dan instruksi dari Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat dalam mengawasi konsistensi pelaku usaha atau industri dalam mendukung program citarum.

Hari Kamis, 9/4/2020, Satgas Subsektor 21-01 Rancaekek melakukan pengecekan berkala terhadap perusahaan tekstil PT. Senotexindo Jaya Lestari, Jalan Raya Bandung-Garut KM 25,5 Rancaekek, Kabupaten Bandung.

"Dari pemeriksaan rutin, baik dari aliran sungai dan di lokasi pengolahan limbah hasilnya terpantau baik, dan ikan juga hidup di kolam outlet sebelum pembuangan," ujar Serka Mulyana, Satgas Subsektor 01 Rancaekek.

"Dan kami akan terus melakukan pengawasan terhadap pabrik pabrik yang ada di wilayah subsektor 1 rancaekek. Hal ini kami lakukan sesuai intruksi yang ditugaskan kepada kami sebagai bagian dari revitalisasi sungai," imbuhnya.

Sementara, Giman selaku HRD perusahaan mengaku bahwa pihaknya selama ini berupaya mengikuti aturan dan acuan yang dikeluarkan oleh dinas Lingkungan Hidup dan Satgas Citarum Harum.

"Untuk instalasi pengolahan limbah, sudah ada sejak awal pabrik beroperasi. Peningkatan kualitas pengolahan terus dilakukan mengikuti aturan baku mutu dinas lingkungan hidup," ujar Giman.

"Namun semenjak ada program citarum harum, satgas menganjurkan kami agar saluran pembuangan dibuat lebih terbuka bukan dari pipa, juga membuat kolam ikan di ujung outlet pembuangan," tuturnya. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.