Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Setiap Kali Sadang Meluap Wilayah Kecamatan Cibitung Banjir, Butuh BKT

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Achdar Sudrajat dan Daddy Rohanady saat berkoordinasi tentang banjir Kali Sadang yang sering melanda banjir
 wilayah Kecamatan Cibitung  (foto: ist)

BEKASI, Faktabandungraya.com,--- Anggota Komisi IV DPRD Jabar,  H. M. Achdar Sudrajat, S.Sos mengatakan, Kali Sadang yang melintasi wilayah Kecamatan Cibitung sering kali meluap sehingga menyebabkan banjir di wilayah Kecamatan Cibitung.

Setiap kali hujan turun dengan intensitas tinggi dan lama kali Sadang sudah dapat dipastikan akan meluap. Meluapnya kali Sadang disebabkan oleh sampah-sampah menumpuk dan terjadinya kedangkalan.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir lagi tentunya perlu dibuatkan semacam BKT (Banjir Kanal Timur).  Karena ada 11 titik banjir di wilayah Kecamatan Cibitung, ujar Achdar Sudrajat kepada media, saat dihubungi melalui telepon selulernya terkait hasil kunjungan kerja di kecamatan Cibitung, Jum’at (09/07-2021).  

Menurut Achdar, usulan pembuatan BKT untuk atasi banjir dikecamatan Cibitung, sudah pernah disampaikan ke DPRD Jabar dan sudah pernah dibahas dengan OPD terkait, tetapi hingga kini belum dapat direalisasikan.

Sementara itu, permasalahan sampah, Achdar mengatakan, sebenarnya sudah diberikan contoh Bank Sampah di Perumahan Bekasi Regency II Desa Wanasari yang sudah 4 tahun berjalan. Kecamatan Cibitung membutuhkan bantuan Pemprop Jabar untuk menyediakan incenerator mini.

Kecamatan ini bisa dijadikan pilot projek untuk penanganan sampah oleh masyarakat. Dengan demikian, sebagian sampah bisa ditangani di hulu agar tidak semuanya harus ke TPA atau TPPAS Regional.

Namun, Achdar juga mengakui bahwa memang masih ada warga yang membuang sampah ke kali, disinilah perlu adanya kesadaran masyarakat bahwa sampah yang dibuang ke kali dapat menyumbat aliran kali, sehingga pada saat hujan sering terjadi banjir, tandasnya. (sein).

Posting Komentar

0 Komentar