Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Bank bjb dan P3DW Subang Beri Apresiasi BUMDes Dengan Transaksi Tertinggi

Bank bjb dan P3DW Subang beri apresiasi BUMDes yang berhasil melakukan transasksi tertinggi
 (foto:p3dwsubang)
SUBANG, Faktabandungraya.com,-- Kolaborasi Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kabupaten Subang dengan melibatkan  peran  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Proses Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebagai Payment Point Online Banking (PPOB) bjb semakin intens.

Selama Triwulan III tahun 2021, transaksi  pembayaran pajak kendaraan di 21 Bumdes Subang ada sebanyak  345 transaksi dengan nilai Rp. 167.126.600.

Dalam rapat evaluasi kinerja BUMDES se-Kab. Subang sebagai mitra P3DW Subang, yang digelar di Dukopi Café Desa Dayeuhkolot Kecamatan Sagalaherang, Rabu, (27/10/2021).

Kepala Cabang BJB Subang, Dodi Setiawan mengatakan sebanyak total 6.839 transaksi pembayaran PBB dan PKB yang dilakukan melalui Bumdes memberikan gambaran  nyata bagaimana kerjasama yang baik dengan Bumdes.

Dodi Setiawan mengakui sejak menggandeng BUMDes, dapat membantu meningkatkan Pendapatan Daerah di Jawa Barat dari Sektor Pajak, meningkatkan kualitas dan kuantitas Pelayanan PBB-PKB, serta pemberdayaan masyarakat Desa melalui peran Bumdes. 

Keberhasilan perolehan pendapatan daerah dari sektor pajak kendaraan tentu tidak terlepas dari dukungan  ketersediaan Infrastruktur Teknologi Informasi di Jawa Barat yang sudah  baik, Perjanjian Kerja Sama antara TPS dengan Bank Bjb, dan dengan adanya implementasi Perjanjian Kerja Sama antara Bapenda dengan Kabupaten Kota se-Jawa Barat yang berjalan lancar. 

Lebih lanjut  Dodi mengatakan, BUMDes di Kabupaten Subang menjadi salah satu channel pembayaran PKB dan PBB-P2. Kehadiran BUMDes sebagai salah satu channel bayar memperbanyak opsi setoran PKB dan PBB-P2 bank bjb yang sejauh ini sudah bisa dilakukan melalui teller, ATM, EDC, dan bjb DIGI atau Payment Point Online Banking (PPOB) yang sudah bekerjasama dengan bank bjb yaitu Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan PT Pos.

Dalam Evaluasi triwulanan tersebut, diberikan  apresiasi  kepada BUMDes yang melakukan transaksi terbanyak yakni Bojongloa Sejahtera, Legon Wetan dan Sari Binangkit.

Selain itu untuk kategori BUMDes tertinggi transaksi PKB diberikan pula apresiasi berupa tabungan bjb kepada Bina Mandiri, Dukuh Mulia dan Maju Mandiri. Sedangkan apresiasi untuk transaksi terbanyak pembayar PBB diberikan kepada Legon Wetan, Ciasem Baru Bersatu dan Dukuh Mulia.

Selanjutnya, pada kesempatan lain di Kantor Samsat Subang, Kepala P3DW Subang Lovita Adriana Rosa mengatakan para pengurus BUMDes ini rutin berdiskusi dan didorong untuk meningkatkan  partisipasi pembayaran setoran pajak warga di desa.

Bank bjb dan P3DW Subang beri apresiasi BUMDes yang berhasil melakukan transasksi tertinggi
 (foto:p3dwsubang)

“Dengan pemahaman yang baik, para pengurus BUMDes akan dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi perpajakan bagi masyarakat. Langkah ini merupakan upaya Samsat Subang untuk semakin menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak. Sebagai salah satu sumber pemasukan bagi daerah, pajak menjadi elemen penting dalam mensukseskan program-program kesejahteraan rakyat," kata Lovita.

Dalam praktiknya, warga sebagai wajib pajak bisa langsung melakukan pembayaran kepada BUMDes. Setelah melakukan pembayaran, wajib pajak akan mendapatkan bukti struk. Bukti struk pembayaran yang dikeluarkan BUMDes tinggal ditukarkan ke kantor Samsat untuk mendapat pengesahan.

“Masyarakat tinggal duduk manis, nanti BUMDes yang mengantarkan pengesahan sampai ditempat. P3DW Subang bersama Bank bjb berkomitmen dan terus membantu peningkatan kualitas layanan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa seluruh Subang, menjadi badan usaha yang mengimplementasikan teknologi transaksi berbasis digital,” jelas Lovita. (p3dwsubang/Lovi/sein).