Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Link Banner

Komisi III Minta BKAD Jabar Segara Cairkan Dana Pembangunan Revitalisasi Situ Ciburuy

Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Jabar saat memantau pembangunan revitalisasi  Situ Ciburuy di Kab.Bandung Barat  (foto:humas)

Kab. BANDUNGBARAT, Faktabandungraya.com,-- Pembangunan Revitalisasi Situ Ciburuy tahap II belum juga dicairkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabar. Sehingga menghambat penyelesaian pekerjaan revitalisasi. Untuk itu, Komisi III akan mendorong agar dana cepat cair.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, H.Sugianto Nangolah, SH, MHum mengatakan, pihak pengelola Situ Ciburuy mengeluhkan lambatnya bantuan dana yang seharusnya sudah turun dari Pemerintah Provinsi. Padahal,  kini pembangunan sudah memasuki tahap pemasangan pondasi.

"Pembangunan Situ Ciburuy sedang berjalan dan kami lihat sudah masuk tahap pondasi dipinggiran situ, akan tetapi setelah kita dengar dari pihak pengelola sangat disayangkan perihal bantuan keuangan yang diberikan saat meninjau Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat, Kamis, (11/11/2021).

Menurut Sugyanto, dana tersebut berasal dari funds yang seharusnya sudah dalam tahap pencarian kedua, dimana dana tersebut dikelola oleh  Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Barat dan dirinya juga mendorong pemerintah untuk segera mencarikannya.

"Setelah kami tanyakan dana itu berasal dari mana ternyata dana itu berasal dari dana funds, dan kini seharus pencairan tahap dua (II) sudah dicairkan oleh BPKAD Jabar. Karena ini pancairan tahap kedua bukan tahap pertama lagi.

Untuk itu, kita harapkan pihak biro keuangan daerah atau BPKAD segera mencairkan dana tersebut agar pengelolaan situ ciburuy bisa berjalan dengan baik," ujar politisi Partai Demokrat Jabar ini.

Sugianto menyebut, pembangunan pada musim hujan saat ini harus diawasi dengan benar, karena struktur tanah yang basah dapat berakibat tanah ambles terlebih pondasi yang pihaknya lihat pun terasa kurang bagus.

"Pembangunan yang sedang berjalan dimusim hujan seperti ini harus diawasi dengan betul-betul, jangan sampai pembangunan sekarang amblas lagi, kami juga melihat tadi pondasinya seperti kurang bagus atau tidak pakai besi dan itu langsung dicor begitu saja," ujar legislator Jabar dari dapil Jabar I (Kota Bandung-Kota Cimahi ) ini.

Rombongan Komisi III DPRD Jabar saat meninjau pembangunan Revitasilasi Situ CIburuy
 di Kab Bandung Barat (foto:humas).
"Apakah cara seperti itu tidak akan menimbulkan erosi atau tidak akan menimbulkan longsor dan yang menjadi pertanyaan kami apakah ini sudah diawasi oleh bagian pembangunan yang berwenang atau tidak,jangan sampai bangunan sudah selesai dibangun belum lama sudah amblas lagi," tanya Sugianto.

Sugianto menekankan, Situ Ciburuy ini merupakan tempat wisata yang potensial dan posisinya strategis, oleh karena itu pembangunannya harus cepat dan baik.

"Situ Ciburuy adalah tempat wisata yang akan dikelola dan dikembangkan, posisinya sangat strategis dan potensi wisatanya bagus maka dari itu pembangunan tempat wisata ini harus cepat selesai jangan sampai tertunda," ucapnya.

Sugianto meminta pemerintah Provinsi melalui BPKAD agar segera menurunkan dana bantuan untuk pembangunan Situ Ciburuy, karena menurut pengelola dana yang saat ini digunakan merupakan hasil dari pinjaman kepada pihak lain untuk menutupi kebutuhan.

"Bagi BPKAD yang sedang menangani pembayaran terkait pembangunan situ ciburuy kami harap segera dibayarkan jangan sampai ditunda karena kami dengar cerita dari pihak pengelola pembangunan situ ciburuy untuk biaya pembangunan sekarang mereka sampai pinjam uang dulu kepada pihak ketiga untuk biaya cover situ ciburuy, terkait hal tersebut kalau dari BPKAD memang sudah ada anggaranya kami harap segera bayarkan," tutupnya. (adikarya/husein).