Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perda Desa Wisata, Dukungan Politik DPRD Jabar Dalam Mendorong Pertumbuhan Sektor Kapariwisataan

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:57 WIB Last Updated 2022-02-21T10:48:47Z

anggota Komisi II DPRD Jabar, H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDIP (foto:istimewa).
 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung kebijakan pemerintah provinsi Jabar untuk menarik para investor agar dapat berinvestasi di berbagai sector usaha perekonomian di wilayah Jawa Barat, teruma di sektor Kepariwisataan- Ekonomi Kreatif dan UMKM.


Anggota Komisi II H. Syamsul Bachri, SH,MBA mengatakan, dukungan dan dorongan Komisi II kepada pemprov Jabar kepada sector pariwisata  karena memang potensi Jawa Barat di sector kepariwisataan sangat luar biasa, baik dari sisi alam, seni-budaya, kuliner maupun keunikan lainnya, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi calon investor.


Potensi besar sektor pariwisata  bila dikelola dan dikembangkan oleh para investor tentunya akan jauh lebih baik dari kondisi pariwisata saat ini. Bahkan dalam waktu tidak terlalu lama sector pariwisata menjadi kunci utama dalam pemulihan ekonomi Jabar, kata Syamsul saat dimintai tanggapannya terkait program percepatan pemulihan ekonomi Jabar pasca pandemic covid-19, Kamis (27/01/2022).


Kenapa saya setuju kalau sector pariwisata menjadi kunci kebangkitan ekonomi ?.. karena sector keperiwisataan banyak  melibatkan  pelaku usaha lainnya, seperti pihak Tour trevel/ perjalanan wisata, hotel, restoran, café , jasa penyewaan peralatan wisata, pelaku UMKM (souvenir , oleh-oleh makanan-minuman).


Selain itu juga turut rumah makan, warung dan para pedagang kecil diseputar objek wisata dapat meningkatkan penghasilannya, sehingga secara langsung sector pariwisata  mendukung peningkatan perekonomian masyarakat, ujar politisi PDIP Jabar.


Lebih lanjut, Legislator Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, untuk mendorong sector pariwisata Jabar, DPRD Jabar bersama tim dari Pemprov Jabar sudah menyelesaikan Rancangan Peraturan daerah (Raperda) Desa Wisata.


Saat ini Raperda tersebut sudah ditangan Kemendagri untuk dilakukan evaluasi, nanti setelah dikembali ke DPRD, selanjut kita akan lihat mana saja yang harus diperbaiki untuk disempurnakan. Setalah kita bawa ke siding paripurna DPRD Jabar untuk disahkan menjadi Perda Desa Wisata.


Raperda  Desa Wisata merupakan inisiatif DPRD Jabar, sebagai wujud dukungan politik DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar dalam memajukan desa yang memiliki potensi untuk menjadi Desa Wisata.  


Selain itu juga, diharapkan Perda Desa Wisata ini nanti menjadi payung hukum untuk pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa. Sehingga, pemulihan ekonomi di Jabar bukan hanya dirasakan segelintir daerah tetapi merata di seluruh Jawa Barat.


Pemerataan pembangunan yang berkeadilan , inovasi dan berkolaborasi memang harus dilakukan untuk mewujudkan Jabar Juara lahir dan Bathin, tandasnya. (adikarya/husein).


×
Berita Terbaru Update