Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Diskominfo dan PWI Bangka Selatan Siap Adopsi Program PWI Kota Bandung

Selasa, 15 Februari 2022 | 21:51 WIB Last Updated 2022-02-16T15:03:25Z
Wakil Ketua PWI Kota Bandung H.Ferry Ardyansyah didampingi Sekretaris  Zaenal Ihsan menerima plakat dari Ketua PWI Bangka Selatan Dedy Irawan dan Sekretaris Wiwin dan staf Diskominfo basel Abu (foto:istimewa) 

BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) melakukan study banding ke Sekretariat PWI Kota Bandung, di Jalan A Yani No. 252 Bandung, Selasa (15/02/2022). 


Kedatangan rombongan PWI Bangsel dan Staf  Diskominfo Bangsel ini disambut baik Wakil Ketua, Ferry Ardiansyah dan Sekretaris, Zaenal Ikhsan serta Seksi Kerjasama  Kelembagaan, Achmad Husein Widjaya dan lainnya.


Ketua PWI Basel Dedy Irawan mengatakan, menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan kerja ke PWI Kota Bandung untuk menggali informasi dan program yang telah dan sedang dijalankan oleh PWI Kota Bandung. 


Sebelum kita melakukan kunker/ study banding ke Bandung ini, kita telah mencari informasi  dan kita menemukan, website PWI Kota Bandung, setelah  kita cermati, ternyata cukup banyak juga program-program bagus yang dapat diadopsi untuk dapat dilakukan oleh PWI Basel. 


Untuk itu, pada kesempatan ini, kami ingin belajar dan menggali ilmu dari PWI Kota Bandung,  karena terus terang, PWI Basel baru terbentuk pada Oktober 2021 lalu, jadi  ibarat anak baru lahir.  Maka, tentunya kami harus banyak belajar dari PWI kota Bandung, ujar Dedy Irawan didampingi Sekretaris Wiwin dan jajaran PWi Basel. 


"Kita dari PWI Basel sebagai organisasi yang baru dibentuk di tahun 2021 kemarin dengan masa jabatan 2020-2023, ingin belajar banyak hal dengan para senior-senior kita di PWI Bandung. Tata kelola organisasi yang baik itu bagaimana, kemitraan dengan pemdanya seperti apa," kata Dedy.


Menanggapi apa yang disampaikan Pengurus PWI Basel tersebut, Wakil Ketua PWI Kota Bandung, Ferry mengaku sangat senang atas kunkungan kerja PWI Bangsel bersama Staf Diskominfo Bangsel ke secretariat PWI Kota Bandung ini. 


Disebutkannya, PWI Kota Bandung, sebelumnya adalah Kelompok Kerja (Pokja) PWI Kota Bandung, dan baru tahun 2021 berubah menjadi PWI Kota Bandung.

Saat ini PWI Kota Bandung memiliki tiga sayap organisasi yaitu PWI Peduli, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan Koperasi  Pena Karya Balarea. 


PWI Kota Bandung memiliki beberapa program kerja yang disusun berdasarkan hasil rapat kerja tahunan  atas usulan program dari masing-masik seksi dan kesekretariatan. 


Ada beberapa program kerja  diantara, setiap tahun kita ikutkan calon anggota maupun anggota sebagai perserta OKK yang disleenggarakan oleh PWI Jabar.  Kita juga melakukan kegiatan UKW bagi anggota, baik yang belum UKW maupun anggota yang akan menaikan status dari Muda ke Madya maupun ke Utama. 


Mengikuti UKW sebanarnya diwajibkan guna meningkatkan SDM anggota dalam  menjaga marwah organisasi PWI, ujar Ferry. 


Selain mengikuti UKW, mulai tahun 2021 lalu, PWI Kota Bandung juga telah menjalin kerjasama dengan dua perguruan tinggi, yaitu dengan STAI Persis Bandung dan Universitas Sangga Buana (YPKP) Bandung. 


“Alhamdulillah ada empat anggota PWI Kota Bandung  tengah mengikuti kuliah di Unibersitas Sangga Buana  program S1 dan 1 anggota kuliah S2 melalui program kerjasama beasiswa. Dan bahkan tahun ini (2022) kita akan menjajaki kerjsama dengan Universitas  Widyatama  Bandung”, ungkapnya. 


Adapun terkait kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung , PWI Kota Bandung sudah cukup lama menjalin kerjasama kemitraan dengan Pemkot Bandung. Namun, kalau ada hal-hal kebijakan yang kiranya perlu dikritisi. Ya, kita kritisi juga sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik tentunya. 


“Oh ya, mulai tahun ini secara kelembagaan PWI kota Bandung juga sudah menjalin kerjasama kemitraan dengan DPRD Kota Bandung. Walaupun sebenarnya, secara personil sudah berjalan cukup lama dan baik.  Namun secara kelembagaan baru tahun 2022 ini”, ungkapnya. 

 Sekretaris PWI Kota Bandung   Zaenal Ihsan didampingi Seksi Kerjasama Kelembagaan A.Husein Widjaya
  menerima buku  "Negeri Junung Besaoh" dari  Staf Diskominfo Basel, Abu a.n  Pemkab Bangka Selatan
didampingi   Ketua PWI Bangka Selatan Dedy Irawan dan Sekretaris Wiwin (foto:istimewa) 



Lebih lanjut, Ferry mengatakan, terkait  tiga organisasi sayap (PWI Peduli, IKWI dan Koperasi), kebaraan organisasi tersebut sangat mendukung dan kita libatkan dalam beberapa program kerja PWI Kota Bandung. 


Untuk program kegiatan social kemasyarakat,  PWI Kota Bandung melalui PWI Peduli, telah cukup sering membantu masyarakat yang sedang dilanda musibah, seperti Baksos banjir dan tanah, Donor darah, dan pemberian sembako bagi warga terdampak covid-19. 


Alhamdulillah juga, pertengahan tahun 2021 lalu, PWI Kota Bandung  melalui PWI Peduli telah terjalin kerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam kegiatan peduli sosial bila ada bencana alam.  Dan di HPN 2022, PWI Peduli bersama ACT membagi paket untuk keluarga PWI dan masyarakat Bandung. 

 

Selain itu, sudah 4 tahun ini, selama bulan Ramadhan, PWI Kota Bandung melibatkan IKWI setiap hari Rabu dan Jum’at  bagi-bagi ta’jil menjelang berbuka puasa kepada warga yang melintas di depan Sekratariat PWI Kota Bandung. 


"Kita juga ada kegiatan ngaji bareng wartawan Indonesia (Ngabarin). Program ini kita laksanakan agar apa yang kita lakukan di dunia dan akhirat harus seimbang," ujarnya.


Ditempat yang sama, Sekretaris PWI Kota Bandung Zaenal Ihsan menambahkan, bahwa keberadaan Koperasi Pena Karya Balarea PWI Kota Bandung, sudah dua kali melakukan RUPS dan sejauh ini berjalan lancar.  

Namun, terkait keanggotaan Koperasi   sampai saat ini baru untuk anggota PWI Kota Bandung saja. Belum  menerima anggota diluar dari anggota, ujarnya.


Ihsan juga menambahkan bahwa  bertepatan HPN 2022, pada tgl 9 Februari lalu, Ketua PWI Kota Bandung Hardiyansyah bersama Plt wali kota Bandung Yana Mulyana meresmikan berdirinya Sekretariat Lembaga Advokasi dan Bantuan Hukum (LABKUM) Pers, yang terletak di sebelah Sekretariat PWI Kota Bandung. 


Usai kegiatan tanyajawab, Ketua PWI Basel memberikan plakat kepada PWI Kota Bandung, begitu pun sebaliknya. Dan Staf Diskominfo Basel, Abu atas nama Pemkab Bangka Selatan memberikan memberikan buku yang berjudul “Negeri Junung Besaoh”(husein). 


×
Berita Terbaru Update