Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mukernas I PDPI, Bambang : Dari Kota Bandung Lahir Pemikiran dan Aksi Segar Bagi Dunia Reset Indonesia

Selasa, 08 Februari 2022 | 20:28 WIB Last Updated 2022-02-08T13:28:22Z

Kaban Kesbangpol Kota Bandung, Drs. H. Bambang Sukardi, M.Si memberikan sambutan
 pada Pembukaan Mukernas I PDPI di Bandung (foto:RMK)
BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah Kota Bandung menyambut positif diselenggarakannya Mukernas ke-I Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI), bertempat di De Ningrat Topas Hotel Jalan Dr. Junjunan No. 153 Kota Bandung (05/02/2022). 


Plt Walikota Bandung H. Yana Mulyana yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kota Bandung, Drs. H. Bambang Sukardi, M.Si menyampaikan harapan semoga Forum ini menjadi sarana untuk saling bertukar pikiran terutama dalam membangun organisasi yang melindungi dan mengembangkan keahlian Dosen Peneliti.


Menurut Kaban Kesbangpol, tema Mukernas : “Melalui Mukernas Tumbuhkan Semangat Dosen Peneliti Indonesia Dalam Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi Bidang Penelitian”. Karena kegiatan penelitian adalah proses pencarian kebenaran hakiki secara metodologi, sistematis, obyektif dan universal baik bagi pengembangan ilmu maupun sebagai terapan. 


Untuk itu, hasil penelitian ini sangat berguna bagi pengembangan Iptek, ekonomi dan aspek-aspek kehidupan lainnya.  sehingga ketika hasil penelitiannya produktif maka semakin terbuka peluang masyarakatnya untuk maju dan berkembang dengan baik, ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bambang  berharap, agar kegiatan Mukernas ke 1 PDPI menjadi momentum penguatan para Dosen Peneliti dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian sekaligus memberi sumbangan nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Kaban Kesbangpol Kota Bandung ini juga berharap, agar Mukernas Ke-1 PDPI ini menghasilkan keputusan-keputusan konstruktif, baik bagi anggota maupun sebagai sumbangsih nyata terhadap kehidupan bangsa dan negara. 


Pimpinan Mukernas ke 1 PDPI ( foto:RMK)

Selain itu, diharapkan dapat  menginspirasi warga Kota Bandung untuk terbiasa dengan kegiatan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang akan berguna bagi berbagai sektor kehidupan.


Kami  atas nama pemerintah kota, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana yang sudah menyelenggarakan Mukernas Ke-1 PDPI di Kota Bandung.  Semoga dari Kota ini lahir pemikiran dan aksi segar untuk memajukan dunia Riset di Indonesia, harapnya.


Sementara itu, Ketua Umum PDPI DPW Jawa Barat, Raden Minda Kusumah, S.E., M.M. mengatakan bahwa Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke 1 PDPI ini merupakan musyawarah yang bersifat nasional dengan tujuan untuk menyampaikan keputusan sebagai tolak ukur pencapaian langkah penentu kemajuan organisasi. 


Dalam Mekernas ini juga, diharapkan dapat menghasilkan program kerja, untuk jangka pendek, menengah dan panjang, sehingga keberadaan para dosen peneliti terutama yang tergabung dalam wadah PDPI dapat terus melakukan penelitian. Dan hasilnya  untuk dapat direalisasikan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. 


Minda berharap danyakin di tangan Drs. H. Bambang Sukardi, M.Si. ini, pelayanan Kesbangpol bisa lebih baik dan mampu merespon isu-isu di Kota Bandung dengan lebih cepat dan bijak. 


Dikatakannya,  tantangan terbesar Bakesbangpol adalah merespon cepat peredaran informasi melalui jejaring di internet. Banyaknya informasi yang tersebar di media sosial dan jejaring percakapan dunia maya kerap menimbulkan persepsi keliru. 

Peserta Mukernas ke 1 PDPI ( foto:RMK)


Isu yang mucul juga berpotensi memicu perpecahan masyarakat. Hal-hal semacam itu harus bisa diantisipasi oleh Bakesbangpol.  Untuk itu, sudah seharusnya Bakesbangpol harus cepat dan tanggap menerima informasi di lapangan dan bisa melaporkan informasi kepada pimpinan. 


Bakesbangpol menjadi agen yang mampu memupuk kecintaan masyarakat terhadap tanah air, tandasnya. 


Adapun terkait Mukernas PDPI, Minda mengatakan, sesuai tema dari Mukernas Ke-1 PDPI “Melalui Mukernas Tumbuhkan Semangat Dosen Peneliti Indonesia Dalam Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi Bidang Penelitian”. 


Semoga PDPI semakin maju, berkembang serta memiliki Peneliti yang profesional dan berintegritas. Aamiin. (RMK/red).


×
Berita Terbaru Update