Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Peran Besar Industri Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Jumat, 18 Maret 2022 | 23:59 WIB Last Updated 2022-03-18T17:01:29Z
Klik
Anggota Komisi II DPRD Jabar H.Mirza Agam Gumay dari Fraksi Gerindra (foto:dok.sein)

BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat H.Mirza Agam Gumay mengatakan,  dirinya sangat mengapresiasi   para pelaku ekonomi kreatif yang terus berinovasi dan berkreator dalam menghasilkan sebuah produksi .


 “Konsep dari ekonomi kreatif itu mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi dan mengembangkan usaha”, ujar  Agam ---sapaan—H.Mirza Agam Gumay kepada Faktabandungraya.com.

Intinya ekonomi kreatif ini lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.

Faktor utama yang menggerakan produksi ekonomi kreatif adalah Ide dan juga Stock Knowledge dari seorang wirausaha.  Semakin bergerak dan berkembangnya produksi ekonomi kreatif  secara tidak langsung mendongkrak perekonomian masyarakat,  ujar politisi Gerindra Jabar ini.

Agam juga mengatakan,  sejak pandemi menerpa Indonesia dua tahun silam hingga kini,  seluruh sector  kehidupan terguncang,  namun yang paling parah  sector perekonomian.  Hal ini karena adanya pembatasan dalam bergerak dan berusaha oleh pemerintah untuk mengantisipasi dan membatasi penyebaran virus Corona.

Nah,  adanya pembatasan  aktifitas diluar  tentunya membuat para pelaku ekonomi tidak mau usahanya gulung tikar, sehingga keluarlah ide-ide  untuk tetap kreatif.  Maka terciptalah berbagai produks  dari mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Proses produksi ekonomi kreatif tersebut menggabungkan pengetahuan, intelektual, dan kreativitas untuk memproduksi barang dan jasa serta intagible intellectual atau jasa artistic, dengan konten kreatif dan memberikan nilai tambah, ujar Agam.

Industri ekonomi kreatif menurut Anggota Komisi 2 DPRD Jawa Barat, Mirza Agam, memiliki pengaruh yang dinamis terhadap peningkatan ekonomi.

“Ini berpengaruh secara langsung terhadap pertumbuhan ekonomi dan memberikan kontribusi terhadap masyarakat, dimana ekonomi kreatif itu tumbuh,” ujar nya.

Hampir semua negara-negara maju mencoba untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif, agar memberikan nilai tambah yang lebih terhadap perekonomian. Pergeseran orientasi ekonomi sekarang, telah memasuki gelombang orbit kreatif.

Proses pergerakan orbit ekonomi itu telah dengan jelas memberi sinyal penting tentang arah perubahan dan tuntutan mutu akan praktik-praktik terbaik pembangunan ekonomi, bisnis, dan pendidikan, sebuah tantangan kehidupan yang kini telah mendesak jawabannya.

Perkembangan secara global pun terjadi perubahan gelombang peradaban. Dan kehidupan ekonomi umat manusia telah bergeser secara berantai, dari gelombang pertama yang orbitnya pada ekonomi pertanian, menuju gelombang yang orbitnya pada ekonomi kreatif, jelasnya.

“Maka kondisi ini juga yang telah mendorong Provinsi Jawa Barat, untuk masuk ke dalam gelombang ekonomi dengan fokus kepada ekonomi kreatif. Jawa Barat memang cukup potensial dalam pengembangan ekonomi kreatif ini,” tandas Agam. (Adip/husein)

×
Berita Terbaru Update