Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Alih Fungsi Gedung Eks Kantor BKPP menjadi Gedung Creative Center Cirebon dan Destinasi Sejarah

Senin, 16 Mei 2022 | 23:02 WIB Last Updated 2022-05-16T16:02:46Z

 

Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA (foto:ist).

CIREBON, Faktabandungraya.com,-- Gedung eks kantor  Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) wilayah Cirebon merupakan asset milik Pemerintah Provisi Jawa Barat, kini telah dialih fungsikan menjadi Gedung Creative Center Cirebon.

Menurut anggota Komisi II DPRD Jawa Barat H.Syamsul Bachri, SH, MBA,  Gedung Negera eks BKPP Cirebon yang terletak di Jalan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, kini Gedung Negara tersebut sudah ditetapkan sebagai bangunan heritage yang dijamin dengan undang-undang.

Namun, karena tidak lagi difungsikan sebagai kantor pemerintahan sejak dileburnya BKPP, tentunya Komisi II DPRD mendukung untuk dapat dioptimalkan untuk menjadi Gedung Kreatif Center Cirebon sebagai etalase masing-masing wilayah untuk menjual produk-produknya, tentunya hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat wilayah Cirebon.

Demikian dikatakan Syamsul Bachri kepada media saat dihubungi terkait pengoptimalan Gedung Negara eks Kantor BKPP Wilayah Cirebon menjadi Gedung Creative Center Cirebon (CCC). 

Dikatakan, dukungan yang diberikan Komisi II DPRD Jabar untuk mengoptimalkan  Gedung Negara  Cirebon menjadi Gedung CCC sudah dibahas dengan Organiasi perangkat daerah (OPD) mitra Komisi II.

Untuk itu, walaupun Komisi II mendukung dan menyetujui penggunaan gedung Negara Cirebon dijadikan Gedung CCC, tetapi kita minta kepada Pemprov Jabar melalui BPKAD Jabar, agar dalam melakukan renovasi dan penataan bentuk dan perubahan juga alih fungsi dengan tidak merubah bentuk bangunan aslinya.

Maka dalam pemanfaatan dan mengoptimilasi Gedung Negara menjadi Gedung Creatif Center kita dukung, asalkan tetap memperhatikan keberadaan sebagai heritage, kata politisi PDIP Jabar ini.

Sebagai Gedung Creatif Center Cirebon, tentunya akan ada beberapa karya seni budaya dan produk lokal, baik bersifat tradisonal maupun produk inovasi keratif karya anak muda yang memiliki daya saing. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan tumbuh subur berbagai karya, baik dari masyarakat Cirebon maupun luar sekita wilayah Cirebon.

 “Gedung Creative Center Cirebon ini sebagai etalase masing-masing wilayah untuk menjual produk-produknya, tentunya hal ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkkan, agar produk lokal Cirebon semakin menggeliat, baik itu produk makanan, minuman maupun peralatan rumah tangga dari bahan Rotan , Batik khas  semakin lebih dikenal, bukan hanya di Nusantara tetapi mendunia.

Jadi Gedung Creatif Center yang berada di lingkungan Gedung Negara tersebut sebagai etalase Jabar dapat ditampilkan. Selain itu, kita harapkan keberadaan Gedung Ceratif Center tersebut, dapat menjadi destinasi wisata sejarah. Sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke wilyah Cirebon semakin meningkat dengan adanya Gedung Creatif Center Cirebon tersebut.

Untuk membuat daya tarik wisatawan, maka kita minta pihak Dinas UMKM dan Dinas Perindag Jabar bekerjasama dengan pemerintah Cirebon, untuk mengisi dan memperomosikan produk-produk lokal Cirebon di Gedung Creatif Center tersebut, tandasnya. (adip/husein).

×
Berita Terbaru Update