Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Weni Dwi Aprianti : DPRD Jabar Pantau dan Dorong Percepatan CPODB menjadi DOB Cianjur Selatan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 23:55 WIB Last Updated 2022-08-19T16:59:11Z
Anggota DPRD Jabar  Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDI Perjuangan


BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Anggota DPRD Jabar  Weni Dwi Aprianti, S.AB dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan,  beberapa bulan lalu, DPRD Provinsi Jawa Barat telah  menyetujui tiga pemekaran wilayah di Jabar menjadi Calon Persiapan Daerah Otonomi  Baru (CPDOB) yaitu Kabupaten Tasikmalaya Selatan (Tasel), Cianjur Selatan (Cisel), dan Garut Utara (Gatara).

 Dengan telah disetujui CPDOB Cianjur Selatan  bersama   Tasikmalaya Selatan dan Garut Utara dalam rapat paripurna DPRD Jabar,  tentunya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat wilayah Cianjur Selatan.

 “Kita tentunya sangat berharap bila nanti ke tiga CPDOB sudah ditetapkan menjadi  DOB, juga dapat memekarkan jumlah kecamatan dan Desa/ kelurahan. Sehingga, terjadi pemerataan pembangunan sampai keseluruh pelosok, terutama di Cianjur Selatan,  kata Weni ketika dimintai tanggapannya terkait perkembangan CPDOB Cianjur Selatan, Jum’at (19/8/2022).

Dikatakan, soal sarana dan prasarana, saya kira, umumnya daerah di Jabar sudah memadai. Tinggal dipersiapkan calon ibu kota CDPOB tersebut, kata Politisi Perempuan PDIP Jabar dari Dapil Jabar IV Kabupaten Cianjur ini.

Weni mengatakan bahwa permohonan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Cianjur Selatan sudah berlangsung cukup lama.

“Alhamdullilah Pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Cianjur Selatan sudah di Paripurnakan dan disetujui. Dan kini berkas sudah di tangan DPR RI dan Pemerintah pusat melalui Kemendagri.

Kita selaku anggota DPRD Jabar  dari daerah pemilihan Jabar IV ( Kabupaten Cianjur  tentunya akan terus memantau, mendorong  agar segera ditindak lanjuti dan dibahas secepatnya, Kemendagri, untuk itu DPRD Jabar akan terus mendorong agar ke tiga CPDOB (agar secepatnya  kita selaku

“Kan tujuan pembentukan DOB/ pemekaran daerah adalah untuk Percepatan pelayanan kepada masyarakat, Percepatan pertumbuhan kehidupan demokrasi, Percepatan pertumbuhan pembangunan ekonomi daerah, Percepatan pengelolaan potensi daerah, Peningkatan keamanan dan ketertiban serta Peningkatan hubungan yang serasi antara pusat dan daerah. Namun, demikian bukan berarti mengesampingkan poin-poin utama kesiapan Sumber Daya Alam (SDA), SDM dan Potensi yang dimiliki oleh DOB.

Lebih lanjut Weni mengatakan, pada saat ini dirinya melaksanakan kegiatan Reses di wilayah Cianjur Selatan, beberapa warga bertanya dan menyampaikan aspirasi tentang perkembangan calon DOB Cianjur Selatan.

“Pada saat itu, saya sampaikan bahwa DPRD Jabar terus mendorong percepatan DOB dan juga mendorong secepatnya terbentuk calon DOB di wilayah Jawa Barat termasuk DOB Cianjur Selatan” katanya.

Pembentukan DOB Cianjur Selatan, sudah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat 2018-2023 tentang prioritas daerah pemekaran.

Sementara itu terkait potensi daerah Cianjur Selatan, menurut Weni , cukup banyak, diantaranya dari bidang pertanian, perkebunan, perikanan termasuk sektor kepariwisataan.

“Keindahan alam pantai Cianjur Selatan bila dipoles dan ditata sedimikian, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Lokal, Regional, Nasional maupun Manca Negara”, ujarnya

Memang dari sisi infrastruktur pendukung terutama aksesibilitas perlu pembenahan dan peningkatan, termasuk juga sarana-prasarana kepariwisataan. Namun, hal tersebut tentunya akan menjadi perhatian untuk dibenahi dan ditingkatkan, katanya.

Sebelum mengakhiri wawancara khusus ini, Weni secara tegas mengatakan sebagai wakil rakyat yang dipercaya dan diberikan amanah oleh rakyat Cianjur , tentunya ia akan berjuang semaksimal mungkin dan seoptimal mungkin untuk dapat memenuhi tuntutan aspirasi rakyat.

“Kan tujuan DOB itu, untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat serta untuk meningkat kesejahteraan masyarakat” pungkasnya. (AdiP/husein).

×
Berita Terbaru Update