Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Weni : Prospek Kerja Lulusan SMK Pariwisata Terbuka Lebar

Senin, 22 Agustus 2022 | 20:21 WIB Last Updated 2022-08-22T13:21:49Z
Anggota Komisi V DPRD Jabar Weni Dwi Aprianti, S.AB dari  Fraksi PDI Perjuangan (foto:ist)



BANDUNG, Faktabandungraya.com,--  Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat , Weni Dwi Aprinti, S.AB  mengatakan , bahwa  para lulusan SMK terutama SMK Pariwisata, maupun yang masih duduk di bangku SMK, tidak perlu khawatir  atau galau dalam mencari pekerjaan.   Karena  prospek kerja lulusan SMK Pariwisata masih terbuka lebar.

Saat ini, kondisi Pariwisata Indonesia mulai bangkit kembali seiring dengan semakin merendahnya  kasus covid-19. Untuk itu dalam beberapa tahun kedepan pemerintah  akan mengembangkan dan menggeliatkan sector pariwisata  guna percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Seiring dengan pengembangan sector pariwisata tentunya membutuhkan lebih banyak tenaga kerja untuk pengelolaannya.  Untuk itu, prospek kerja lulusan SMK Pariwisata masih sangat terbuka lebar.

Harus kita akui bahwa selama pandemi covid-19,  sector pariwisata yang paling merasakan dampaknya. Bahkan dapat dikatakan sector pariwisata dalam kondisi mati suri, bahkan  banyak yang gulung tikar, kata Weni Dwi Aprinti saat dhubungi, Minggu (21/8/2022).

Namun, kini sector pariwisata mulai bangkit dan berkembang kembali, hal ini tentunya menjadi angin segar bagi lulusan SMK Pariwisata untuk dapat bekerja di sektor pariwisata. Baik menjadi tenaga/ pekerja lepas, bekerja di sebuah perusahaan atau bisa juga di instnasi terkait maupun mandiri.

Sektor Pariwisata memiliki peran penting  dalam  mendongkrak percepatan pemulihan ekonomi masyarakat maupun Negara.   Untuk itu, harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki skill dalam mengelola dan menjalakan sektor Kepariwisataan, salah satu dari alumni SMK Pariwisata.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja kepariwisataan  tentunya, perlu disetiap daerah  ada SMK Pariwisata.   Untuk itu, dalam rapat kerja Komisi V dengan Dinas Pendidikan Jabar, kita minta agar Disdik Jabar  dapat menambah sekolah SMK Negeri  Pariwisata diberbagai daerah. Terutama daerah yang memilki potensi kepariwisataan.

Saya selaku anggota Komisi V minta pihak Dinas Pendidikan Jabar dapat menambah SMKN Pariwisata, namun, kalaupun belum memungkinkan penambahan sekolah , tentunya dapat memaksimalkan  potensi SMK , misalnya melalui kerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.   Atau bahkan menjalan kerjasama dengan  Negara lain untuk program pelatihan  atau magang.

Program pelatihan  atau magang sangat penting sebagai upaya peningkatan SDM Pariwisata.  Sehingga begitu lulus SM, para alumni sudah memiliki bekaluntuk siap bekarja.

Weni juga meminta agar pihak sekolah  terus  berinovasi dan berkolaborasi  dalam  penciptakan lulusan  yang berkulitas. Dan siap bersaing di dunia kerja, khusus di bidang kepariwisataan, tandasnya. (Adip/husein).

×
Berita Terbaru Update