Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Syamsul Bachri : Mengembangkan Kepariwisataan Kabupaten Indramayu Melalui Desa Wisata

Senin, 19 Juni 2023 | 00:48 WIB Last Updated 2023-06-18T17:48:13Z

Pantai Balongan merupakan salah satu objek wisata di Kab Indramayu (foto:wisata lengkap)



INDRAMAMYU, Faktabandungraya.com,-- Kabupaten Indramayu memiliki potensi besar di sektor Kepariwisataan. Namun, hingga kini potensi tersebut belum banyak tergali.  Untuk itu, melalui program Desa Wisata diharapkan potensi pariwisata yang ada di Kab. Indramayu dapat digali kembangkan.


Menurut anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan, potensi Kepariwisataan Kabupaten Indramayu itu, antara lain : pantai, pertanian,  perkebunan, dan juga wisata religious.

Hingga kini potensi pariwisata  yang dimiliki Kab.Indramayu masih banya belum tergali dan dikembangkan.  Padahal, sector pariwisata merupakan salah satu sector yang mendukung percepatan perekonomian masyarakat dan income pendapatan daerah.

Untuk itu, menurut Syamsul, dalam mengembangkan kepariwisataan tentunya perlu kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku usaha kepariwisataan, investor termasuk juga penggiat kepariwisataan.

Lebih lanjut  Syamsul Bachri dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, kita di Komisi II DPRD Jabar  akan mendorong setiap daerah hingga desa untuk menggali potensi daerah yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata, sebagaimana diatur dalam Perda No 2 tahun 2022 tentang Desa Wisata.

Dengan adanya payung hukum Perda Desa Wisata  diharapkan setiap daerah  dapat  mewujudkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan masayrakat melalui program desa wisata.

Dalam mengembangka potensi desa wisata  tentunya harus tetap memelihara kelestarian alam, nilai luhur budaya dan adat istiadat.  Namun, sangat perlu juga, menjaga keamanan dan kenyamanan setiap wisatawan yang berkunjung di desa wisata tersebut.

“Kenyamanan dan keamanan pengungjung ke objek wisata desa, mulai sarana-prasaran, filitas pendukung, intrastrukur termasuk juga oleh-oleh da cindramata, yang data dibawa dan menjadi kenangan bagi wisatawan”, ujar Syamsul yang pada Pileg 2024 akan maju menjadi caleg DPR RI dari Dapil Kab/Kota Cirebon-Kab Indramayu ini.

Lebih lanjut dikatakan, majunya sector pariwisata tentunya berdampak terhadap sector lain, seperti  sector transportasi,  akomudasi,  UMKM, termasuk juga pelaku usaha kepariwisataan. Dengan demikian, majunya sector pariwisata berdampak positif terhadap peingkatan perekonomian masyarakat, tandasnya. (AdiP/sein).


×
Berita Terbaru Update