Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tantangan Pelaku UMKM Ditengah Perkembangan Teknologi Era-4.0 Mendongkrak Perekonomian Masyarakat

Minggu, 12 November 2023 | 22:05 WIB Last Updated 2023-11-21T17:53:06Z
Anggota Komisi II DPRD Jabar, H.M.Agam Gumay dari Fraksi Gerindra (foto:ist)



BANDUNG, Faktabandungraya.com,-- Para palaku Usaha Mikro, Kecil dan Menangah (UMKM) dimanapun berada dan berusaha, mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi.  Kalau tidak akan mati sebelum berkembang.

Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat H. Mirza Agam Gumay, SmHk dari Fraksi Partai Gerindra  mengatakan, seiring dengan kemajuan teknoligi , kita semua dituntut untuk memahami dan mengikuti kemajuan teknologi.

“Kita tidak boleh gagap teknologi (Gaptek) karena melalui teknologi  apalagi kini sudah di Era-4.0, tentunya apapun informasi yang kita inginkan dengan mudah dapat ditemukan. Termasuk juga dalam hal melakukan  promosi dan transaksi . Jadi para palaku usaha UMKM harus mengikuti perkembangan jaman”, kata Agam Gumay saat ditemui di ruang Komisi II DPRD Jabar, Senin, (11/11/2023).

Dikatakan, saat ini para pelaku UMKM tidak perlu lagi melakukan promosi produknya secara door to door, tapi lebih simple melalui aplikasi atau marketplace, atau bisa juga memanfaatkan media social, seperti facebook, instegram, twitter, tiktop.

Agar karya dan produksi UMKM laku dipasaran, tentunya para pelaku UMKM harus mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari pemerintah, baik dari sisi kualitas, mutu, kemasan/ packejing, termasuk juga cara berpromosi atau membranding produk UMKM secara online agar naik kelas.

Untuk itu, Komisi II DPRD Jabar yang membidangi Perekonomian salah satu sector UMKM, akan terus mendorong pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/kota untuk terus memberikan pelatihan dan bimbingan bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan, mutu dan produksinya, sehingga tetap terus diminati dan dibeli oleh  konsumen.  

Lebih lanjut Politisi Gerindra Jabar ini mengatakan, sebagai mana kita ketahui bahwa kegiatan UMKM pasti melibatkan masyarakat, dengan demikian  semakin berkembangnya UMKM secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Keberadaan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian kerakyatan, maka Komisi II minta kepada pemerintah daerah, agar dalam berbagai kegiatan dapat melibatkan pelaku UMKM dengan menampilkan karya dan produksi masing-masing.  Dengan begitu UMKM tetap eksis, hidup dan berkembang, tandasnya. (AdiP/sein).

×
Berita Terbaru Update