Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jelang Pencoblosan Pj Gubernur Jabar Irawan Ceck Langsung Kesiapan dan Keamanan TPS

Selasa, 26 Juni 2018 | 17:38 WIB Last Updated 2018-06-26T10:45:19Z
BANDUNG, (faktabandungraya.com),-- Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan usai melakukan Video Conference dengan seluruh desk Pilkada Kabupaten dan Kota se-Jabar yang terdiri dari KPU, Panwaslu, Bawaslu, TNI serta Polri, didampingi Sekda dan KPU Jabar . M. Iriawan langsung melakukan peninjauan kebebrapa TPS untuk mengetahui secara langsung kesiapan logistik pemilu, daftar pemilih tetap hingga keamanan di TPS , sehingga diharapkan tidak ada permasalahan saat pelaksanaan pencoblosan pada Rabu (27/6-2018) besok.

Dari hasil pantauannya, seluruh daerah melaporkan telah siap menggelar pencoblosan. Karena itu Iriawan memastikan Pilkada serentak secara umum siap dilaksanakan baik pada Pilgub, Pilwalkot dan Pilbup.

"Saya mengecek kembali situasi secara keseluruhan di Jabar semua melaporkan Alhamdulillah jadi kami simpulkan bahwa Pilkada jabar secara umum baik dan siap baik Pilgub dan Pilwalkot serta Pilbup Insya Allah berjalan lancar. Kami pun akan terus memantau, tapi dari hasil laporan tadi kami optimis akan berjalan lancar," kata Iriawan di Sekretariat Desk Pilkada Jabar, Aula Timur Gedung Sate Bandung, Selasa (26/06/2018).
Hingga saat ini pendistribusian logistik Pemilu masih terus dilakukan. Sebagian besar kertas dan bilik suara telah sampai ke seluruh kantor kelurahan dan desa yang dikawal ketat oleh pihak kemanan.

"Prinsipnya saya ingin memastikan logistik apakah sudah berada di kelurahan, itu bervariasi tapi sebagian besar sudah dan semua mengatakan tidak ada masalah," ujar Iriawan.

Usai melakukan video conference, Iriawan didampingi ketua KPU Jabar meninjau kesiapan logistik pemilu di kantor Kecamatan Bandung Wetan Jalan Taman Sari nomor 49 dan Kantor Kelurahan Dago di jalan Ir H Djuanda no 279 Kota Bandung.

Menurutnya, salah satu parameter keberhasilan penyelenggaraan Pilkada adalah tersalurkannya hak suara masyarakat. Ia pun kembali mengingkatkan kepada seluruh Apapratur Sipil Negara agar netral saat pencoblosan nanti.

"Ingat ASN harus netral, ini menjadi pertaruhan kita semua. Kalo tidak netral akan jadi masalah besar. Pastikan juga seluruh masyarakat tersalurkan hak suaranya. Kerja maksimal dan amanah, selamat bertugas," pesan Iriawan kepada penyelenggara Pilkada.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan seluruh KPU di 27 kabupaten/kota siap mendistribusikan seluruh logistik pada Selasa (26/6/2018) siang sudah didistribusikan ke TPS hingga bisa tuntas pada malam hari 100%. "Seluruh kabupaten kota kita cek lagi logistik sudah di kecamatan dan sekarang sedang didistribusikan ke TPS, hari ini harus tuntas 100%," tuturnya.

Ketua Desk Pilkada Jabar ini juga memastikan situasi keamanan di 27 daerah berlangsung kondusif sehingga jalannya pencoblosan Pilgub Jabar dan Pilkada di 16 daerah bisa berlangsung lancar. Kemudian menyangkut DPT pemilih pemula yang esok menginjak usia 17 tahun, dan anggota TNI/Polri yang esok memasuki pensiun sudah diantisipasi.

"Ini sudah diantisipasi dan proses perekaman e-KTP di daerah tetap berjalan. Sehingga pada saat waktunya yang bersangkutan bisa menggunakan hak politik untuk melakukan pencoblosan di masing-masing TPS," paparnya.

Dari koordinasi dan komunikasi via teleconference yang dilakukan pihaknya bersama Pj Gubernur Jabar Iriawan, Iwa memastikan pada 27 Juni besok pelaksanaan pencoblosan akan berlangsung lancar. "Diharapkan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif, apalagi pemerintah sudah menetapkan Rabu besok libur," ujarnya. (hms/red)
×
Berita Terbaru Update