Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK Pariwisata, Disdik Jabar Jalin Kerjasama Dengan Jaswita


Jabar, Faktabandungraya.com,-- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan terus berupaya meningkatkan para alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki kompetensi sesuai jurusan yang ada. Salah satu bidang Kepariwisataan.
Menurut Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdik Jabar, DR.Dodin R Nuryadin, di Jawa Barat terdapat sebanyak 270 SMK yang memiliki Jurusan Kepariwisataan. Untuk itu, kita berharap seluruh alumni sekolah SMK Pariwisata memiliki Kompetensi Kepariwisataan yang merupakan pemain konten kreatif, sehingga akan mampu  mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya.
Namun, kata Dodin untuk  melahirkan tenaga kerja yang pontesi dalam kepariwisataan tentunya dibutuhkan sarana-prasarana sekolah yang memadai, termasuk laboraturium praktek.  Hal itu dibutuhkan untuk membangun atmosfer di dunia kerja. Selain laboraturium praktek, kita ( Disdik Jabar)  juga telah menjalin kerajasama dengan  PT. Jasa Kepariwisataan Jabar. Bahkan kini Jaswita Tourism Center  telah menjadi Kabid Pembinaan SMK, Dodin kepada wartawan saat ditemui di  Fave Hotel Jalan Pasir Kaliki, Jumat (14/9-18).

Lebih lanjut Dodin mengatakan, Disdik Jabar juga tengah meningkatkan kerjasama dengan beberapa manajemen hotel besar (berbintang-red). Hal ini penting, karena para siswa SMK diwajibkan melakukan praktek kerja lapangan (PKL) sebelum menuntaskan pelajaran di sekolah.
Selain itu penting, karena dibutuhkan suasana kerja yang sebenarnya untuk membangun karakter siswa serta membangun budaya industri sehingga melekat ke anak-anak sekolah,” ujarnya.  
Dengan melakukan praktek di Hotel-hotel Berbintang, para siswa dapat merasakan suasana kerja yang sesungguhnya.  Bahkan sudah ada Siswa SMK melakukan praktik di hotel-hotel besar di Malaysia. Dengan demikian, akan terjadi perluasan peluang kerja.
Sementara itu, Direktur Utama Jaswita Ade Dikdik Isnandar menyebutkan salah satu yang menjadi fokus dengan mengembangkan sumber daya manusia unggulan dari level sekolah menengah. Ade mengatakan fokus sekolah-sekolah mitra ini untuk menggali potensi wisata di daerah baik itu wisata umum, budaya, sejarah, dan wisata dengan minat khusus. (sein/red).

Kata Bijak Fakta Bandungraya

Jika kau merasa besar periksalah hatimu mungkin ia sedang bengkak. Jika kau merasa suci periksalah jiwamu mungkin putihnya nanah dari luka nurani. Jika kau merasa wangi periksalah ikhlasmu mungkin ada asap dari amal shalih mu yang hangus terbakar riya.