Satgas Subsektor 21-13 Cimahi Konsisten Pantau Pelaku Industri Penghasil Limbah Cair

FAKTABANDUNGRAYA.COM, BANDUNG - Upaya menjaga aliran sungai bebas dari potensi pencemaran limbah cair industri, Satgas Citarum Subsektor 21-13 Cimahi Selatan selalu melakukan patroli dan monitoring terhadap perusahaan di wilayah 4 kelurahan di Cimahi Selatan, diantaranya Kelurahan Melong, Kelurahan Ciberem, Kelurahan Utama dan Kelurahan Cigugur Tengah.

Patroli rutin dilakukan Satgas Citarum karena Subsektor 21-13 Cimahi Selatan merupakan salahsatu wilayah sektor 21 yang terdapat cukup banyak pabrik penghasil limbah cair industri. Lebih dari ratusan pabrik mengalirkan limbah cair yang dibuang ke beberapa aliran sungai dan kali yang ada di sekitar Kecamatan Cimahi selatan, sungai Cisangkan, sungai Cimahi, Sungai Cibeureum, dan sungai Cibaligo.

"Pelaksanaaan monitoring atau Patroli dan Pengecekan kepada Perusahaan atau Pabrik bahkan Home industri penghasil limbah cair di daerah Cimahi Selatan dilakukan dua kali waktu dalam sehari, pagi dan siang hari," ujar Dansubsektor 21-13 Serda Ahmad, Rabu (8/5/19).

"patroli dilakukan dalam dua sesi waktu karena selain memonitoring perusahaan, satgas juga sekaligus melaksanakan sosialisasi program Citarum harum kepada masyarakat yang berada di sekitar aliran sungai dan pabrik," sambungnya.

Selain itu, kata Serda Ahmad, satgas juga tetap melakukan korve dan patroli sungai dengan dibantu warga pelopor kebersihan yang ada di masing masing sungai yang ada di wilayah Kecamatan Cimahi Selatan.

"Kegiatan rutin satgas dimulai sejak pagi hari, dengan melakukan apel pagi bersama warga pelopor kebersihan, dan satgas akan kembali ke posko sore hari sekitar jam 5 sore," terangnya. (Cuy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.